EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

RISYE, AMALIA (2021) EKSPERIMENTASI KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat bab i dan 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RISYE AMALIA_1611080366_BKPI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Game online sedang popular dikalangan masyarakat, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Game online juga mudah dijumpai dan banyak sekali jenis permainan nya, ada yang bersifat petualangan, berburu, pertarungan dan lain sebagainya. Bermain game online memiliki dampak positif maupun negatifnya. Sisi positif yang dapat diambil dari bermain game yaitu dapat mengenal lebih banyak teman meskipun dalam dunia maya, dapat menguasai Bahasa asing dengan otodidak, mahir dalam mengoprasikan computer. Namun terlalu seringnya bermain game online menimbulkan dampak negative, yaitu seperti berbohong, boros secara financial, membolos, tidak adanya konsentrasi dalam belajar, sering begadang, memiliki sifat agresif verbal dan lain sebagainya. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengurangi kebiasaan bermain game online dengan melakukan konseling individu menggunakan Teknik self control pada peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode eksperiment single subjeck research (SSR) dengan desain penelitian A-B atau baseline-intervensi. Populasi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu 15 peserta didik yang memiliki kebiasaan bermain game online, sample penelitiannya yang peneliti gunakan adalah satu orang subjek yaitu dengan permasalahan kebiasaannya bermain game online dengan durasi lebih dari 3 jam dalam sehari. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, catatan durasi dan dokumentasi. Hasil analisis data statistic pada fase baseline dan intervensi yaitu sebesar 16,6%, hasil tersebut dapat dilihat dari hasil overlap kebiasaan subjek bermain game online. artinya dalam penelitian ini Teknik self control efektif untuk mengurangi kebiasaan bermain game online pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:47
Last Modified: 15 Jun 2021 06:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14663

Actions (login required)

View Item View Item