ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A MIN 2 LAMPUNG SELATAN

YOSI, MAJAYANTI (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A MIN 2 LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (6MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK berjudul “Analisis Implementasi ini Penelitian Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan. Latar belakang penelitian ini adalah Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan. Pembelajaran tematik yaitu pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik pada peseta didik kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan, mendeskripsikan penilaian pembelajaran tematik pada peserta didik MIN 2 Lampung Selatan dan mendeskripsikan hambatan yang dialamin pendidik dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran tematik MIN 2 Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara pendidik dan peserta didik, serta dokumentasi.Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu rekaman audio, catatan lapangan, dan foto. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1)Perencanaan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh pendidik sudah sesuai standar proses pendidikan dengan membuat prota, promes, silabus dan RPP. Namun pendidik belum percaya diri untuk membuat RPP tematik sendiri, saat ini pendidik masih mendownload dari internet dan diedit kembali menyesuaikan dengan keadaan peserta didik. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilakukan oleh pendidik yaitu kegiatan awal, kegiatan inti tetapi selama pembelajaran daring melalui grup whatsapp pendidik tidak lengkap menggunakan 5M hanya menggunakan mengamati, menalar, mengomunikasikan dan kegiatan penutup. (3)Penilaian pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan. Pendidik hanya menggunakan lembar pengamatan sikap dan lembar penilaian tes tertulis. (4)Hambatan pembelajaran tematik pada peserta didik kelas IV A MIN 2 Lampung Selatan. Hambatan yang dialami pendidik pada saat perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran tematik di MIN ii2 Lampung Selatan selama pembelajaran daring ini masih kurang nya media pembelajaran, sumber belajar, alokasi waktu, pendidik masih belum percaya diri untuk membuat RPP sendiri dan masih kurang paham dalam pembuatan penilaian pembelajaran tematik. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Te matik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:43
Last Modified: 15 Jun 2021 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14662

Actions (login required)

View Item View Item