PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SEKS PADA ANAK SD KELAS RENDAH

EVI, AFRIANI (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SEKS PADA ANAK SD KELAS RENDAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN SEKS PADA ANAK SD KELAS RENDAH Pendidikan seks merupakan pendidikan yang wajib diberikan kepada anak sejak diusia rendah. Pemberian pendidikan seks dapat dilakukan dengan memberikan anak buku bacaan yang tepat sesuai tingkat usia mereka. Dalam penelitian ini permasalahan di latar belakangi dengan kurangnya pemahaman seks yang diberikan kepada anak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah media buku cerita bergambar cukup efektif digunakan untuk anak SD kelas Tujuan untuk rendah dalam memberikan pemahaman seks? penelitian ini adalah mengembangkan buku cerita bergambar sebagai bahan ajar yang bertujuan untuk mengajarkan anak dalam menjaga tubuh serta memberikan pendidikan seks melalui buku cerita bergambar. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dengan adanya media buku cerita bergambar ini dapat menjadi sumber bahan ajar yang membantu dan memudahkan para guru dalam memberikan pendidikan seks dan dapat membuat pemahaman seks lebih meningkat lagi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development atau R n D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan menurut Sugiono, yang di modifikasi menjadi 7 langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Buku cerita bergambar berbasis pendidikan seks ini pada materi diriku memperoleh nilai rata-rata dari ahli bahasa sebesar 86,1% dikatagorikan sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 82,2% dikatagorikan sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 88,2 dikatagorikan sangat layak dan penilaian pendidik sebesar 92,2% sangat layak. Penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji kelompok kecil SD Negeri 1 Ujung Gunung Ilir memperoleh nilai sebesar 85,2% yang dikatagorikan sangat layak, uji kelompok besar di SD Negeri 1 Gunung Sakti memperoleh nilai 88,5% dikatagorikan sangat layak. Hal ini menunjukan buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Seks

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:16
Last Modified: 15 Jun 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item