UJI AKTIVITAS ANTI AGING SEDIAAN KRIM BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera) DAN ALGA HIJAU (Haematococcus pluvialis)

Dewi, Indah Sari (2021) UJI AKTIVITAS ANTI AGING SEDIAAN KRIM BERBAHAN AKTIF KOMBINASI EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera) DAN ALGA HIJAU (Haematococcus pluvialis). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWI INDAH SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Dewi Indah Sari Kulit merupakan organ pelindung terluar dari tubuh yang secara langsung terpepar oleh pengaruh dari lingkungan. Akibatnya kerusakan struktur kulit pada sistem pertahanan tubuh dapat mengganggu penampilan terutama pada wanita. Lidah buaya (Aloe vera) dan alga hijau (Haematococcus pluvialis) merupakan bahan alami yang mengandung banyak manfaat bagi kulit seperti dapat meningkatkan fungsi jaringan dalam pembentukan sel, peremajaan kulit, mencegah degeneratif, anti inflamasi, sebagai antioksidan dan terdapat kandungan astaxantin sehingga memiliki kemampuan untuk memperlambat proses penuaan. Penelitian ini bertujuan membuat formula sediaan krim tipe minyak dalam air (m/a) dan menguji aktivitas anti-aging pada kulit. Ekstrak lidah buaya dan alga hijau dibuat dengan cara meserasi kemudian dikombinasikan dalam bentuk sediaan krim dengan modifikasi dasar krim tipe m/a dengan kosentrasi yaitu 0,5%, 2%, 3,5% dan 5%. Pengujian krim meliputi uji homogenitas, tipe emulsi, pH, iritasi terhadap kulit, stabilitas penyimpanan dalam suhu kamar selama 28 hari dan uji anti-aging terhadap kulit dengan menggunakan alat skin analyzer selama 4 minggu. Parameter uji yang diukur menggunakan alat meliputi kadar air, kolagen, pigmen kulit, elastisitas kulit dan kadar minyak. Pemakaian krim digunakan setiap dua kali sehari pada saat pagi dan malam hari selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya dan alga hijau dapat dikombinasikan menjadi sediaan krim dengan tipe emulsi m/a, memiliki pH 5-6, semua formula krim stabil selama penyimpanan 90 hari pada suhu kamar dan tidak menimbulkan iritasi terhadap kulit. Hasil pengukuran aktivitas krim anti-aging menunjukkan bahwa krim lidah buaya dan alga hijau 5% memiliki pengaruh paling baik sebagai anti-aging dengan meningkatkan kadar air sebesar 24, meningkatkan kolagen kulit sebesar 38, menurunkan pigmen kulit sebesar 39, meningkatkan elastisitas kulit sebesar 39, menurunkan kadar sebum sebesar 14. Kata Kunci : Ekstrak lidah buaya dan alga hijau, Krim, Anti-aging.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:11
Last Modified: 15 Jun 2021 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14656

Actions (login required)

View Item View Item