HUBUNGAN JENIS ROKOK DAN DERAJAT MEROKOK TERHADAP STATUS KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA TEGAL MUKTI KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN

TANTRI, SUBO MARMANIK (2021) HUBUNGAN JENIS ROKOK DAN DERAJAT MEROKOK TERHADAP STATUS KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA TEGAL MUKTI KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TANTRI SUBO MARMANIK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rokok merupakan produk olahan dari tembakau. Asap rokok yang dihirup mengandung komponen gas (85%) dan partikel (15%). Komponen tersebut bersifat genotoksik dan berbahaya bagi kesehatan para perokok. Desa Tegal Mukti memiliki jumlah perokok aktif yang cukup tinggi. Rokok kretek dan rokok filter merupakan jenis rokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Berdasarkan data laporan bulanan kesakitan terbanyak, menunjukkan penyakit ISPA dan hipertensi yang cukup tinggi setiap bulannya, Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan jenis rokok dan derajat merokok terhadap status kesehatan. Metode dalam Penelitian ini yaitu observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian ini berjumlah 68 sampel dengan kategori jenis rokok filter dan kretek serta kategori perokok ringan, sedang dan berat. Hasil penelitian menunjukkan jenis rokok berpengaruh terhadap status kesehatan pada parameter tekanan darah (P=0,000), frekuensi pernapasan (P=0,012), dan saturasi oksigen (P=0,003), dan tidak berpengaruh pada parameter frekuensi denyut nadi (P=0,803). Derajat merokok berpengaruh terhadap status kesehatan pada parameter tekanan darah (P=0,000), frekuensi denyut nadi (P=0,000), frekuensi pernapasan (P=0,000) dan saturasi oksigen (P=0,000). Semakin tinggi derajat merokok seseorang maka akan semakin besar pula potensi penurunan kesehatan pada tubuh seseorang. Kata kunci : Jenis rokok, derajat merokok, status kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 05:13
Last Modified: 15 Jun 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

View Item View Item