KUALITAS INFUSED WATER LEMON (Citrus limon L.) DENGAN DIVERSIFIKASI SUHU DAN LAMA PERENDAMAN (Sebagai Sumber Belajar Biologi Sub Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Pada Peserta Didik SMA Kelas XI Semester Genap)

WIDYA, EKO NURAZIZAH (2021) KUALITAS INFUSED WATER LEMON (Citrus limon L.) DENGAN DIVERSIFIKASI SUHU DAN LAMA PERENDAMAN (Sebagai Sumber Belajar Biologi Sub Materi Makanan dan Sistem Pencernaan Pada Peserta Didik SMA Kelas XI Semester Genap). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL WIDYA ENA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Infused water adalah air tawar yang diberi tambahan potongan buah-buahan lalu didiamkan beberapa jam. Minuman infused water menjadi solusi minuman sehat di masa pandemi covid-19. Perasan daging buah lemon memiliki nilai IC50 pada rentang 50 – 100 ppm yaitu sebesar 76,83 ppm sehingga aktivitas antioksidan dikatakan kuat. Sampel perasan daging buah lemon memiliki kadar vitamin C sebesar 0,66 mg/g. Kadar vitamin C rata-rata pada sampel perasan jeruk sunkist sebesar 348,82 ppm. Sedangkan kadar vitamin C pada infused water sunkist sebesar 67,59 ppm. Terdapat waktu infusa dan suhu air yang berbeda terhadap aktivitas antioksidan dan vitamin C pada kulit pisang. Berdasarkan penelitian terdahulu, penelitian ini dilatarbelakangi untuk melengkapi data-data penelitian terdahulu. Dalam penelitian ini menggunakan infused water lemon dengan perendaman di dalam air selama beberapa jam serta disimpan dalam suhu ruang dan refrigerator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air infusa lemon dengan diversifikasi suhu dan lama perendaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kuantitatif. Parameter yang diamati adalah pH, vitamin C, total asam, aktivitas antioksidan dan uji organoleptik. Data yang diperoleh dilakukan analisis deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa infused water lemon terbaik pada perlakuan S1P2 yaitu infused water lemon dengan waktu infusa selama 6 jam pada suhu ruang (24-27◦C). Diperoleh kadar vitamin C tertinggi sebesar 29,75 mg/100g, aktivitas antioksidan tertinggi yaitu 205,39 ppm, total asam tertinggi yaitu 17,5 %, nilai pH 2,88 dan secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata uji kesukaan tertinggi sebesar 6,43. Kata Kunci : Aktivitas antioksidan, Infused water, kadar total asam, kualitas, lemon (Citrus limon L.), pH, suhu perendaman, uji organoleptik, vitamin C, waktu perendaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:57
Last Modified: 15 Jun 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item