TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI SAPI SAKIT YANG DIJUAL DENGAN SISTEM BRANDU (STUDI KASUS DESA TRI TUNGGAL JAYA, KECAMATAN WAY SERDANG, KABUPATEN MESUJI)

SUC, IPTO (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI SAPI SAKIT YANG DIJUAL DENGAN SISTEM BRANDU (STUDI KASUS DESA TRI TUNGGAL JAYA, KECAMATAN WAY SERDANG, KABUPATEN MESUJI). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Asuransi ternak merupakan asuransi yang mungkin masih baru terdengar dan masih banyak orang yang tidak tahu. Asuransi ternak hadir bagi mereka yang mempunyai usaha ternak baik skala kecil maupun skala yang besar dimana dengan adanya asuransi permasalahan-permasalahan dalam melakukan usaha ternak bisa dihindari dengan asuransi ini.Namun dalam hal ini, perjanjian awal dengan pelaksanaan asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu tidak sesuai. Di mana, dalam perjanjian awal dari pihak penanggung akan memberikan uang polis sebesar Rp. 10.000.000;- apabila sapi mati karena sakit. Namun karena sapi belum mati tetapi masih dalam keadaan sakit lalu disembelih, maka jika sapi yang ditawarkan tersebut dibeli oleh masyarakat dengan sistem brandu senilai Rp. 2.000.000;- maka pihak asuransi akan hanya memberikan polis sebesar Rp. 8.000.000;- untuk menutupi kekurangannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pembayaran klaim asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu dan Bagaimana tinjauan hukum Islam dalam pembayaran klaim asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktikpembayaran klaim asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu dan bagaimana tinjauan hukum Islam dalam pembayaran klaim asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu.Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sifat penelitiannya adalah diskriptif analisis, sumber datanya yaitu data lapangan. Populasinya adalah penanggung dan tertanggung. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik pengolahan datanya melalui editing dan sistematika data. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deduktif. Berdasarkan hasil penelitan tersebut dapat kesimpulan bahwa praktik pembayara klaim asuransi sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu ditinjau dari perspektif hukum Islam praktiknya diperbolehkan Sebab, selama tidak bertentangan dengan hukum syara’ dan tidak merugikan pihak manapun. Berkaitan dengan hal ini asuransi hewan sapi sakit yang dijual dengan sistem brandu telah sesuai dengan prinsip asuransi syariah, karena di dalamnya telah memenuhi ta‘a>wun yang merupakan tolong menolong, dan juga tabarru‘ yang merupakan akad kebaikan (dana sosial).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:57
Last Modified: 15 Jun 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14650

Actions (login required)

View Item View Item