ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN KERJA SAMA DAN PENERAPANNYA DALAM PENGELOLAAN WISATA DANAU RANAU (Studi pada PT Sri Varita dan Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu Selatan Selatan Sumsel)

Mutiara, Nasya Utami (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PERJANJIAN KERJA SAMA DAN PENERAPANNYA DALAM PENGELOLAAN WISATA DANAU RANAU (Studi pada PT Sri Varita dan Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu Selatan Selatan Sumsel). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL MUTIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa menyewa atau Ijarah Menurut syara‟ berarti melakukan akad mengambil manfaat sesuatu yang diterima dari orang lain dengan jalan membayar sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan dengan syarat-syarat tertentu. Bentuk kerjasama dalam Islam di dasari dengan adanya rukun atau ketentuan�ketentuan yang sudah diatur, baik itu dalam teknis pengelolaan sampai kepada bagi keuntungan. Permasalahan dalam penelitan ini adalah Bagaimana Praktik perjanjian kerja sama dalam pengelolaan wisata danau ranau OKUS Sumsel? Bagaimana Analisis hukum Islam terhadap penjanjian kerja sama dan perapannya dalam pengelolaan wisata danau ranau OKUS Sumsel? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui mengenai praktik pelaksanaan perjanjian kerja sama dalam pengelolaan wisata danau ranau yang dilakukan oleh PT Sri Varita dengan Dinas Pariwisata OKU Selatan Sumsel. Dan untuk menganalisis sesuai dengan Hukum Islam terkait pelaksanaan perjanjian kerja sama yang dilakukan PT Sri Varita dengan Dinas Pariwisata Sumsel. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah menggunakan metode deskriptif analitis yang bertujuan untuk menggambarkan mengenai penerapan perjanjian kerjasama pengelolaan wisata Danau Ranau antara Dinas Pariwisata dengan PT Sri Varita OKUS Sumsel. Hasil dari Penelitian ini adalah Praktik kerjasama yang dilakukan antara PT Sri varita dengan Dinas Pariwisata OKU Selatan Sumsel dianalisis beradasarkan hukum Islam tergolong kerja sama sewa yakni Ijarah, akad Ijarah dalam pengelolaan wisata Danau Ranau tergolong shahih , karena memenuhi rukun dan syarat yang telah ditentukan dan dilakukan atas dasar tolong menolong. Jika kita melihat pada praktek pelaksanaan wisata danau ranau ini, adapaun dalam hal untuk kriteria dari rukun ijarah pada pelaksanaan ijarah pengelolaan wisata tersebut sudahlah terpenuhi/sesuai dengan kriteria dari rukun ijarah dalam Islam, yang mana pada pelaksanaan ijarah wisata danau ranau OKUS Sumsel ini terpenuhi rukun tersebut dengan adanya : Penyewa wisata (musta‟jir), pemberi sewa/pemilik wisata (mu‟ajir), objek dari sewaannya adalah wisata danau ranau (ma‟jur), kemudian adanya harga sewa dari wisata danau ranau tersebut (ujrah), suatu manfaat yang diambil dari penyewaan lahan wisata danau ranau (manfaah), dan hal lain yang juga penting adalah adanya ijab qabul (sighat). Di dalam pelaksanaan ijarah wisata danau ranau OKUS Sumsel ini, semua hal tersebut sudahlah terpenuhi dan sesuai dengan persyaratan dari rukun ijarah yang ada dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:42
Last Modified: 15 Jun 2021 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14646

Actions (login required)

View Item View Item