PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SCRAMBLE KELAS V MI ISMARIA ALQURANIYYAH BANDAR LAMPUNG

RETNO, SETIANA (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DAN SCRAMBLE KELAS V MI ISMARIA ALQURANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

BSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran tipe Word Square dan Scramble pada peserta didik kelas V MI Ismaria Alquraniyyah Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Serial Waktu Kelompok Ganda (SWKG) dengan perlakuan dibalik tidak berkelanjutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Ismaria Alquraniyyah Bandar Lampung yang berjumlah 5 kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling yang terdiri dari kelas V A sebanyak 40 peserta didik dan V B sebanyak 41 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Analisa data menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar pada model Word Square sebesar 79,05 dan rata-rata hasil belajar pada model Scamble sebesar 80. Berdasarkan hasil pengujian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan model pembelajaran Word Square dengan model pembelajaran Scramble peserta didik kelas V MI Ismaria Alquraniyyah Bandar Lampung” terbukti kebenarannya. Hasil belajar menggunakan Scramble lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Word Square

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:28
Last Modified: 15 Jun 2021 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14644

Actions (login required)

View Item View Item