PEMANFAATAN LIMBAH CAIR REBUSAN KEDELAI TEMPE SEBAGAI NUTRISI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUMBU VERTIKAL

ANNISA, FAJRIN SURYA (2021) PEMANFAATAN LIMBAH CAIR REBUSAN KEDELAI TEMPE SEBAGAI NUTRISI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUMBU VERTIKAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ANNISAFAJRINSURYA  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ANNISAFAJRINSURYA- Skripsi .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PEMANFAATAN LIMBAH CAIR REBUSAN KEDELAI TEMPE SEBAGAI NUTRISI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK SUMBU VERTIKAL Oleh : Annisa Fajrin Surya Proses pembuatan tempe menghasilkan produk sampingan berupa limbah cair rebusan kedelai tempe. Apabila tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dengan memanfaatkan limbah cair rebusan kedelai tempe pada sistem hidroponik sumbu vertikal, mengetahui konsentrasi terbaik pada pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dan kandungan limbah cair rebusan kedelai tempe. Metode penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan K0 (kontrol), K1 (10%), K2 (15%) dan K3 (20%) dengan 3 kali ulangan. Penelitian dilakukan selama 42 hari. Penggantian nutrisi dan pengukuran parameter pertumbuhan dilakukan setiap 6 hari. Pengotrolan nutrisi dan pH dilakukan setiap 2 hari. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, panjang akar, panjang daun, berat basah tanaman, berat kering tanaman, berat basah akar dan berat kering tanaman. Analisis data menggunakan One Way Anova SPSS 20, lalu diuji lanjut Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian pemanfaatan limbah cair rebusan kedelai tempe belum berpengaruh secara maksimal pada pertumbuhan vegetatif tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Konsentrasi limbah cair rebusan kedelai tempe yang baik untuk pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) yaitu perlakuan K1 (10%) dengan konsentrasi 10 ml limbah dan 990 ml air biasa. Kandungan fermentasi limbah cair rebusan kedelai tempe belum memenuhi standar nutrisi pada sistem hidroponik sumbu vertikal. Kata kunci : Hidroponik Sumbu Vertikal, Limbah Cair Rebusan Kedelai Tempe, Pakcoy (Brassica rapa L.)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:24
Last Modified: 15 Jun 2021 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item