PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAMBANGAN UMPU

NANDA, SELVIA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAMBANGAN UMPU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAMBANGAN UMPU Oleh : Nanda Selvia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Blambangan Umpu masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dipadu teknik Mind Mapping terhadap kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design dan teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (XI MIA 3) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Model Problem Based Learning dipadu teknik Mind Mapping dilaksanakan pada kelas eksperimen (XI MIA 3) sedangkan untuk kelas kontrol (XI MIA 1) menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data dengan tes uraian metakognisi dan lembar angket metakognisi untuk penilaian kemampuan metakognisi dan lembar angket konsep diri untuk penilaian konsep diri. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Multivariate (MANOVA) dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning dipadu Teknik Mind Mapping terhadap kemampuan metakognisi dan konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Blambangan Umpu . Kata Kunci :Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Metakognisi, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:17
Last Modified: 15 Jun 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14641

Actions (login required)

View Item View Item