PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Konsumsi Produk Air Mineral Pada Mahasiswa FEBI Angkatan Tahun 2013 IAIN Raden Intan Lampung)

Destanti, Cynthia (2017) PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Konsumsi Produk Air Mineral Pada Mahasiswa FEBI Angkatan Tahun 2013 IAIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Destanti.pdf]
Preview
PDF
Download (716kB) | Preview

Abstract

Advertising (periklanan) adalah semua bentuk peyajian dan promosi nonpersonal atas ide, barang atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan tertentu. brand adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari semuanya. Advertising dan brand yang baik dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap pembelian suatu produk. Berdasarkan Data dari Asosiasi Produsen Air Minum Dalam kemasan (ASPADIN) menunjukkan peningkatan angka penjualan air mineral. Dalam meningkatkan penjualan perusahaan air mineral dalam kemasan melakukan promosi melalui advertising dan brand produknya. Dari latar belakang tersebut timbul permasalahan bagaimana pengaruh advertising dan brand terhadap keputusan pembelian?, bagaimana advertising dan brand produk air mineral ditinjau dari perspektif ekonomi islam? Adapun tujuannya mengetahui pengaruh advertising dan brand terhadap keputusan pembelian dan advertising dan brand produk air mineral ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh advertising dan brand terhadap keputusan pembelian dan bagaimana advertising dan brand produk air mineral ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, quisioner, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 489 orang mahasiswa FEBI angkatan 2013 dan sampel 49 dalam penelitian ini berjumlah 49 orang mahasiswa FEBI angkatan 2013 dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk proses analisis data menggunakan analisis regresi berganda, dengan advertising dan brand sebagai variabel bebas atau independen dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, variabel advertising tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan bahwa, nilai thitung sebesar 1.166 < ttabel sebesar 2,012 dan dengan taraf signifikan hasil sebesar 0,250 > 0,05, dengan demikian Ha ditolak dan H0 diterima sedangkan variabel brand memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan bahwa, nilai thitung sebesar 4,007 > ttabel sebesar 2,012 dan dengan taraf signifikan hasil sebesar 0,000 < 0.05, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Advertising dan brand terhadap keputusan pembelian ditinjau dalam perspektif ekonomi islam yakni mengacu pada prinsip ekonomi yang dijiwai ajaran-ajaran islam yang menyangkut kumpulan prinsip umum tentang perilaku ekonomi umat yang diambil dari Al-Qur’an dan Sunnah, prinsip konsumsi yang sesuai dengan aturan islam adalah prinsip syariah (memperhatikan tujuan konsumsi), memperhatikan kaidah ilmiah (prinsip kebersihan), memperhatikan bentuk konsumsi (dilarang mengonsumsi daging babi, bangkai, darah, khamr,candu, narkotik dan berjudi), prinsip kuantitas (sederhana, tidak bermewah-mewahan/ tidak boros),prinsip prioritas dan prinsip moralitas. Dengan memperhatikan prinsip syariah diatas maka akan meningkatkan keputusan pembelian dengan prinsip ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Sep 2017 06:53
Last Modified: 28 Sep 2017 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item