BIMBINGAN ROHANI ISLAM MELALUI TERAPI KEAGAMAAN UNTUK KETENANGAN JIWA WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A KALIANDA LAMPUNG SELATAN

WINDIATI, WINDIATI (2021) BIMBINGAN ROHANI ISLAM MELALUI TERAPI KEAGAMAAN UNTUK KETENANGAN JIWA WARGA BINAAN DI LAPAS KELAS II A KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI WINDIATI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINDIATI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak rasa penyesalan karena telah melakukan tindak kejahatan yang merugikan masyarakat membuat warga binaan takut tidak diterima kembali ketika sudah bebas nantinya. Sehingga, inilah yang membuat tekanan batin yang dapat membuat warga binaan tidak bisa merasakan ketenangan jiwa. Melalui bimbingan Bimbingan rohani Islam yangmerupakan proses pemberian bantuan, pemeliharaan, pengembangan, dan pengobatan rohani dari segala macam gangguan dan penyakit yang mengotori fitrah manusia dengan berpedoman pada Al-qur’an dan Al-hadits, diberikalah terapi keagamaan agar warga binaan dapat merasakan ketenangan jiwa. Selanjutnya ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana pemahaman keagamaan warga binaan di Lapas Kelas II A Kalianda Lampung Selatan setelah dan sebelum adanya bimbingan rohani melalui terapi keagamaan, dan bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui terapi keagamaan untuk ketenangan jiwa warga binaan yang membahas mengenai langkah-langkah dalam pelaksaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Menurut sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kualitatif dengan teknik Purposive sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Sampel dalam penelitian ini ialah 15 orang warga binaan dan 5 orang petugas pembimbing rohani. Pemberian bimbingan rohani Islam melalui terapi keagamaan menjadi salah satu upaya Lapas dalam pemberian konseling yang akan membantu warga binaan dalam memperbaiki diri. Hasil penelitian lapangan ini menunjukan bahwa setelah adanya bimbingan rohani Islam warga binaan yang awalnya tidak bisa mengaji menjadi bisa mengaji Al-Qur’an dan warga binaan yang awalnya tidak mau sholat menjadi rajin mengerjakan sholat 5 waktu. Selanjutnya, bentuk dari pelaksanakan kegiatan bimbingan rohani Islam melalui terapi keagamaan yang dilakukan oleh petugas pembimbing rohani kepada warga binaan pemasyarakatan dilaksanakan dengan 2 cara yaitu kelompok dan individu. Adapun materi dalam terapi keagamaan kelompok ialah terapi melatih kesabaran, terapi sholat, terapi dzikir,dan terapi do’a. Sedangkan pelaksanaan dengan cara individu ialah terapi membaca Al-Qur’an. Pemberian bimbingan melalui terapi keagamaan membuat warga binaan menjadi lebih terarah dan menambah pemahaman agama warga binaan di Lapas Kelas II A Kalianda Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:22
Last Modified: 15 Jun 2021 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item