PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLIP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII

DESI, IRNA SARI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLIP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER.BAB 1,BAB 2 DAPUS DS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRPSI DESI IRNA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLIP BOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII Oleh : DESI IRNA SARI Penelitian ini dilakukan atas latar belakang pembelajaran di sekolah SMP Negeri 31 Bandar lampung pembelajaran yang belum tersampaikan secara optimal pada masa pandemic dikarenakan minimnya fasilitas yang digunakan pada proses pembelajaran daring/online sehingga menurunnya motivasi dalam belajar dan berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Meaningfull Intructional Design (MID) dengan multimedia interaktif Flip Book terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi experimental design dengan design penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Uji prasyarat penelitian menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Of Variance. Sedangkan Uji Hipotesis peneliti menggunakan Uji MANOVA dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian menunjukan sig 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Meaningfull Intructional Design (MID) dengan multimedia interaktif Flip Book terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas VII. Kata Kunci : Meaningfull Intructional Design (MID), Hasil Belajar dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:13
Last Modified: 15 Jun 2021 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item View Item