LEMBAGA KOMUNITAS PETANI DALAM PEMBERDAYAAN PETANI (Studi Terhadap Kelompok Tani Mekar Jaya di Pekon Sumbermulya Kecamatan Pulau Panggung Tanggamus)

SAHIDIN, HAYAT (2021) LEMBAGA KOMUNITAS PETANI DALAM PEMBERDAYAAN PETANI (Studi Terhadap Kelompok Tani Mekar Jaya di Pekon Sumbermulya Kecamatan Pulau Panggung Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI SAHIDIN HAYAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of COVER,BAB1. BAB2, DAPUS   SAHIDIN HAYAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembahasan mengenai pemberdayaan merupakan suatu hal yang tidak dapat lepas dari kemiskinan dan ketidakberdayaan seseorang untuk membangun dan mengembangkan potensi dirinya. Sehingga keberadaan masyarakat yang kurang beruntung tersebut sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak mampu memperbaiki tarap hidupnya, padahal setiap orang pasti berharap dapat mencapai kesejahteraan hidup dan kondisi hidupnya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya. Sub sektor pertanian salah satu lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa dan menjadi mata pencaharian utama salah satunya tanaman kopi. Karena kurangnya pengetahuan serta wawasan tentang bertani yang baik mereka masih mengedepankan kebiasaan orang tuanya dahulu yang asal-asalan, hal tersebut berdampak pada penghasilan panen petani yang tidak maksimal. Selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam mengenai masalah ini maka terdapat dua rumusan masalah yaitu, bagaimana proses pelaksanaan lembaga komunitas petani dalam pemberdayaan petani dan bagaimana keberhasilan pemberdayaan petani melalui pembentukan kelompok tani mekar jaya. Jenis penilitan yang dilakukan dalam hal ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan desain penelitian studi kasus dengan menggunakan partisipan dan sumber data sebagai sumber informasinya. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi, dokumentasi dan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, verivication. Untuk menguji keakuratan data maka menggunakan triangulasi atau keabsahan data. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pemberdayaan dalam meningkatkan hasil panen kopi dan mendeskripsikan keberhasilan pemberdayaan masyarakat petani dalam peningkatan hasiil panen kopi. Hasil penelitian ini mengarah pada peningkatan hasil panen kopi masyarakat petani Pekon Sumbermulya yang tergabung dengan Kelompok Tani Mekar Jaya. Selain meningkatnya pendapatan kopi mereka, tetapi secara sosial berkelompok memeiliki rasa tanggung jawab terhadap kelompoknya, kewajiban dirinya terhadap Tuhannya dapat seimbang dan tertanam dalam diri anggota suatu kesatuan dan persatuan yang kuat. Hal tersebut sesuai dengan teori-teori pemberdayaan mulai dari penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan dapat dimaksimalkan dengan baik. Sehingga pembentukan Kelompok Tani Mekar Jaya dapat membantu petani dalam meningkatkan perekonomiannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:04
Last Modified: 15 Jun 2021 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14634

Actions (login required)

View Item View Item