TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI TANAMAN HIAS BONSAI DENGAN SISTEM DITITIPKAN KE PENJUAL (Studi Kasus di Toko Rudiyanto di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan)

Danella, Danella (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG JUAL BELI TANAMAN HIAS BONSAI DENGAN SISTEM DITITIPKAN KE PENJUAL (Studi Kasus di Toko Rudiyanto di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI DHEA DANELA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1.2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan salah satu bentuk muamalah yang sering dilakukan oleh banyak manusia, oleh sebab itu banyak manusia yang melakukan jual beli tanpa menerapkan ketentuan – ketentuan syara’. Seperti yang terjadi di toko Bapak Rudiyanto di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan yaitu menjual bonsai dengan sistem titipan pada penjual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli bonsai dengan syarat titipan oleh pembeli kepada penjual dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik jual beli bonsai dengan syarat titipan oleh pembeli kepada penjual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli bonsai dengan sisitem titipan kepada penjual yang dilakukan di toko Rudiyanto di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Yaitu menjelaskan secara terperinci tentang jual beli menurut hukum Islam dan melakukan penelitian, sehingga dapat ditemukan Tinjauan Hukum Islam tentang praktik jual beli tanaman hias bonsai dengan sistem titipan di toko Rudiyanto di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan tentang sah atau tidaknya praktik tersebut menurut hukum Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan wawancara. Adapun analisis data secara deduktif dengan menggunakan pendekatan berfikir metode induktif, yaitu metode yang mempelajari suatu gejala yang umum untuk mendapatkan kaidah - kaidah yang berlaku di lapangan yang lebih khusus mengenai fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik jual beli tanaman hias bonsai di toko Rudiyanto di Desa Sabah Balau, pembeli menitipkan kembali tanaman bonsai yang dibelinya kepada penjual untuk dirawat hingga pembeli tersebut mengambil kembali bonsainya, tetapi dalam perawatan tanaman bonsai tersebut penitip hanya memberi upah untuk jasa penitipan saja sebesar 15-20% dari harga tanaman bonsai yang dititipkan, sedangkan untuk biaya perawatan ditanggung oleh penjual. Biaya perawatan tersebut digunakan untuk membeli peralatan perawatan tanaman bonsai, dan apabila tanaman bonsai yang dirawat itu mati, baik kesalahan oleh perawat atau tidak maka penjual bonsai harus mengganti bonsai tersebut. Menurut Hukum Islam terkait pelaksanaan sistem titipan ini tidak sesuai dengan Hukum Islam khususnya pada ketentuan wadi’ah yad amanah, di mana penjual dibebankan biaya ganti rugi dan biaya perawatan. Hal ini jelas merugikan pihak penjual bonsai sehingga akad penitipan bonsai tersebut tidak diperbolehkan menurut syara’ karena tidak mencerminkan keadilan dan melanggar ketentuan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 03:02
Last Modified: 15 Jun 2021 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item