NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AMALAN TAREQAT QADIRYAH WA NAQSABANDIYAH ( Studi Di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat )

SRI, SUNDARI (2021) NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AMALAN TAREQAT QADIRYAH WA NAQSABANDIYAH ( Studi Di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SUNDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Sri Sundari Pada hakikatnya tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah memiliki banyak nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam amalan tarekat , tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui nilai pendidikan Islam yang terkandung pada amalan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah. Adapun tujuan penelitian yang hendak di capai adalah : 1 ) mengkaji amalan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat . 2 ) untuk mengkaji apa saja nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam amalan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat. 3 ) Proses penanaman nilai – nilai pendidikan Islam dalam amalan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah Di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif , penelitian dilakukan di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat penelitian di laksanakan pada tgl 24 Juni 2020 . informan dalam penelitian ini adalah badal tarekat , jamaah tarekat dan kadus. tekhnik pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi . dalam menguji keabsahan digunakan tekhnik triangulasi. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) amalan yang dilaksanakan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah di Desa Suka Jaya Kecamatan Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat berupa amalan a) amalan zikir setelah sholat sebagai amalan harian b) amalan khususiyah sebagai amalan mingguan c) amalan manaqib sebagai amalan bulanan 2) terdapat nilai – nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam amalan tersebut . dan adapun nilai – nilai pendidikan Islam tersebut adalah Nilai I’tiqodiyah , Nilai Khuluqiyah Dan Nilai Amaliyah. Nilai I’tiqodiyah terdapat dalam amalan zikir baik dalam bai’at , zikir setelah sholat maupun zikir dalam khususiyah . Nilai Amaliyah terdapat dalam amalan sholat fardhu maupun sholat sunah dan Nilai Khuluqiyah terdapat dalam amalan manaqib dan tanbih. 3 ) proses penanaman nilai - nilai pendidikan Islam dalam amalan tarekat Qadiriyah Wa Naqsabandiyah adalah dengan mengamalkan segala pelafalan kalimat thayibbah atau dzikir dengan ikhlas .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:57
Last Modified: 15 Jun 2021 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item