STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) DENGAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD MUHAMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

SITI, SUSILAWATI (2021) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENTS) DENGAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD MUHAMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI SUSILAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Beberapa peserta didik belum belajar sampai pada tingkat pemahaman, mereka baru mampu membaca dan menghafal fakta, konsep, prinsip, hukum, teori dan gagasan inovatif lainnya pada tingkat ingatan. Dalam dunia pendidikan selama ini, keberhasilan belajar hanya dikaitkan dengan kecerdasan intelektual. Sebenarnya keberhasilan pembelajaran meliputi kompetensi atau tujuan yang ditentukan oleh kadar emosionalnya dalam belajar. Dengan kata lain, kecerdasan emosional menentukan keberhasilan diri dalam menyikapi hambatan dalam dirinya, termasuk hambatan dalam belajar. Sebagai contoh, peserta didik yang cerdas emosional memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, tidak khawatir dan takut selama proses pembelajaran berlangsung. Peserta didik yang cerdas emosional tidak ragu-ragu atau malu untuk bertanya apabila selama proses pembelajaran terdapat materi yang belum dipahami, sedangkan peserta didik yang kurang cerdas emosional kurang percaya diri, sering khawatir dan takut, malu untuk bertanya apabila ada materi yang belum dipahami, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan membandingkan Strategi Pembelajaran TGT (Team Games Tournaments) Dengan Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model TGT dengan model tebak kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Penerapan model TGT lebih menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung dibandingkan dengan model tebak kata. Hal ini terbukti dari rata-rata postest kelas eksperimen (model TGT) lebih besar dari kelas kontrol (model tebak kata) yaitu 82,20 > 74,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:52
Last Modified: 15 Jun 2021 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14631

Actions (login required)

View Item View Item