PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA

Nadia, Kurnia Ningsih (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Nadia Kurnia Ningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN IPA Oleh Nadia Kurnia Ningsih 1611100456 Media pembelajaran yang digunakan disekolah masih minim dan seadanya serta masih terdapat beberapa kelemahan sehingga belum adanya media alternatif lain yang dapat melengkapi sumber belajar yang tersedia di sekolah. Dalam pembelajaran IPA pendidik masih menjelaskan materi secara umum dan belum mengaitkannya pada fenomena-fenomena yang terjadi pada keadaan lingkungan sekitar yang dapat mengangkat kearifan lokal pada daerah setempat. Sehingga diperlukannya media yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk mempelajari suatu topik materi pelajaran yang dapat membangun pemahaman peserta didik terhadap kearifan lokal. Penelitian ini digunakan untuk menghasilkan media pembelajaran poster berbasis etnosains yang dimana peserta didik dapat mengaitkan pembelajaran IPA terhadap potensi kearifan lokal. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran poster peserta didik dapat lebih aktif dan berantusias dalam mempelajari IPA. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah�langkah dalam proses pengembangan media pembelajaran poster (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajran poster, dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran poster. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) dan prosedur penelitiannnya mengadaptasi dari model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini bertempat di MIN 7 Bandar Lampung dan SD Negeri 3 Sumberejo dan waktu penelitian berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2020. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD/MI. Menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Tehnik pengumpulan datanya diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan angket ahli materi, ahli media, ahli bahasa, angket tanggapan pendidik dan angket respon peserta didik. Tehnik analisis data penskoran menggunakan skala likert. Hasil penelitian dengan pengembangan media pembelajaran poster menunjukkan bagaimana media pembelajaran poster yang dibuat kemudian memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 89,3% dari ahli media, 93,3% dari ahli materi dan 91% dari ahli bahasa serta penilaian dari pendidik memperoleh persentase 96,1% dan dari peserta didik memperoleh persentase 89% pada skala kecil, sedangkan pada skala besar memperoleh 91%. Berdasarkan hasil dari penilaian tersebut, maka media pembelajaran poster sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:15
Last Modified: 15 Jun 2021 02:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item