PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPEROUND CLUBTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK

DIRA, UTAMI MULIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPEROUND CLUBTERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DIRA UTAMI MULYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang diperlukan oleh setiap siswa untuk mempermudah proses dalam belajar mengajar. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis di SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat masih rendah, hal ini terlihat dari selama proses pembelajaran siswa masih bersikap pasif dan siswa hanya mendengarkan lalu mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Penulis tertarik untuk mengadakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan mengetahui kecerdasan linguistik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. Penelitian ini merupakan jenis penlitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling dengan materi Operasi Bentuk Aljabar. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kecerdasan linguistik siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ditolak, diterima dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif learning tipe Round Club terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) terdapat pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif learning tipe Round Club dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Kooperatif tipe Round Club, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Kecerdasan Linguistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:44
Last Modified: 14 Jun 2021 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14621

Actions (login required)

View Item View Item