PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK DI MTS BINA ISLAMI KECAMATAN KRUI SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT

ANDIKA, YUSUP (2021) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK DI MTS BINA ISLAMI KECAMATAN KRUI SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of cover bab1-2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Supervisi adalah salah satu usaha menstimulasi, mengkoordinasi, dan membimbing secara kontinyu pertumbuhan profesionalisme pendidik dimadrasah baik secara individual maupun secara kolektif agar dapat lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran, Rumusan masalah penelitian adalah : 1). Bagaimana Peran kepala madrasah Sebagai supervisor dalam Upaya Meningkatkan profesionalisme pendidik? 2). Bagaimana Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam membantu pendidik dalam persiapan mengajar? 3). Bagaimana Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam membantu pendidik melaksanakan proses belajar mengajar? 4). Bagaimana Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam membantu pendidik menganalisis kesulitan belajar peserta didik belajar?. Didalam pelaksanaan penelitian ini peneliti memilih jenis penelitian kualitatif, pendekatan kualitatif, untuk memperoleh data penulis melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam upaya meningkatkan profesionalisme pendidik tergolong baik, terbukti dari terpenuhinya semua kegiatan dalam proses pelaksanaan peran kepala madarsah diantaranya adalah: melakukan kunjungan kelas pada saat pendidik mengajar, menyediakan kegiatan untuk peningkatan profesionalisme minsalnya diklat, seminar, MGMP, whokshop, pelatihan. Proses pelaksaaan yang digunakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme pendidik MTs Bina Islmi adalah mengkolaborasikan 2 teknik yaitu teknik individu dan teknik kelompok. Teknik individu dengan melakukan kunjungan kelas dan percakapan pribadi. Sedang teknik kelompok yaitu dengan rapat pendidik secara rutin, MGMP, seminar, serta pembinaan dan penyuluhan. Kepala madrasah membantu pendidik menyusun RPP dengan baik sesuai K2013, serta mampu menerapkan metode dan strategi pembelajaran dengan baik dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Kepala madrasah membantu pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran sebagai sistem dengan melakukan Supervisi. Kata kunci : Kepala Madrasah, Supervisi Pendidikan, Profesionalisme Pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:40
Last Modified: 14 Jun 2021 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14620

Actions (login required)

View Item View Item