PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SISWA SMP

SHAFIRA, SYAHNAZ (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT AND SATISFACTION ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SHAFIRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh siswa dalam hal belajar matematika. Rendahnya kemampuan berpikir kritis kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa masih bersikap pasif dan siswa hanya mendengarkan lalu mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari minat belajar pada siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental dengan rancangan penelitian factorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yang terdiri dari kelas esksperimen dan kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dua variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh ditolak, diterima dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pada siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction ) terhadap kemampuan berpikir kritis. (2) tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ARIAS dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction), Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar. ABSTRACT Critical thinking skills are one of the things that students should have when it comes to learning math. The low ability of critical thinking grade VII SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat is caused because during the learning process students are still passive and students only listen and record what is conveyed by the teacher. The purpose of this study is to find out if there is an influence of ARIAS learning model (Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction) on critical thinking ability reviewed from the interest in learning in junior high school students. This research is a type of Experimental Quasy research with factorial research design 2x3. The population in this study was all grade VII students of SMP Karya Bhakti Panaragan Tulang Bawang Barat. The techniques in sampling in this study used randomized class techniques. The sample consisted of two classes consisting of an esksperimen class and a control class. The techniques in data collection used are critical thinking skills tests and student learning interest questionnaires. The analysis technique used in this study is the analysis of two variants of two unequal cell paths. According to the results of the study and discussion of the calculation of the analysis of the variance of two cell paths are equally obtained rejected, accepted and accepted. Based on theoretical studies and calculations, it can be concluded that: (1) there is an influence on students who use ARIAS learning models (Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction) on critical thinking skills. (2) there is no influence of learning interest on critical thinking skills. (3) there is no interaction between arias learning models and learning interest in critical thinking skills. Keyword : ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment And Satisfaction), Critical Thinking Skill, Learning Interest

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:39
Last Modified: 14 Jun 2021 06:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item