UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WAY TENONG LAMPUNG BARAT

Hikma, Novalia (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 WAY TENONG LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Hikma Novalia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 WAY TENONG Oleh Hikma Novalia Kemampuan membaca Al-Quran siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam harus dipecahkan melalui bantuan dan bimbingan guna meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa tentu merupakan tugas utama guru Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian terdapat permasalahan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran yaitu kurangnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam,Sumber daya Manusia yang terbatas, sarana prasarana yang kurang memadai, sehingga upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada siswa belum berhasil secara maksimal. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tujan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Way Tenong belum berhasil. Sedangkan manfaat dari penelitian ini melihat upaya guru dalam meningkatkan kemapuan membaca Al-Quran pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Way tenong Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran bagi peserta didik di SMP Negeri 2 Way Tenong, Lampung Barat, telah dilakukan dengan baik, Walaupun hasilnya belum maksimal, adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah : Melalui kegiatan belajar mengajar (KBM), memberikan jam tambahan dengan bekerjasama dengan organisasi sekolah Rohis Islam dan mengevaluasi lisan maupun tulisan. Kata Kunci: Upaya, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:45
Last Modified: 14 Jun 2021 05:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item