PENGARUH METODE WAFA TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI DI TPA NURUL IMAN LAMPUNG BARAT

SANTI, RAHAYU (2021) PENGARUH METODE WAFA TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI DI TPA NURUL IMAN LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUSPUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Santi Rahayu 1711070189 Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak yang tidak puas dengan metode pengajaran dalam mempelajari Al-Qur‟an karena kurang memperhatikan tahap perkembangan anak dan hanya mengoptimalkan otak kiri serta mengesampingkan otak kanan yang didominasi oleh aspek menyenangkan dan memiliki memori jangka panjang. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur‟an yang berkembang saat ini adalah Metode Wafa, yaitu suatu metode membaca Al-Qur‟an yang di gagas oleh Tim Wafa Pusat Surabaya dengan menggunakan pendekatan metode otak kanan. Berbeda dengan metode lainnya, metode wafa menyajikan metodenya dengan pembelajaran bahasa sehari-hari yang sama dengan bahasa Indonesia sehingga pada tahap anak usia dini akan mudah dalam belajar Al-Qur‟an seperti mengenal huruf-huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode wafa terhadap pengembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di TPA Nurul Iman Lampung Barat. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis Eksperimen dengan design Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian berjumlah 30 anak yang dibagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat penilaian skala likert. Kemudian analisis data menggunakan Uji Paired Sample T Test. Hasil pengujian hipotesis diporoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%) yang artinya terdapat pengaruh metode wafa terhdapan pengembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Meskipun metode wafa unggul dalam beberapa indikator, tetapi lemah dalam satu indikator. Yakni indikator melafalkan bunyi huruf hijaiyah secara urut. Hal ini terbukti dengan persentase tertinggi kelompok eksperimen sebesar 33% dan pada kelompok kontrol 40%. Sedangkan persentase terendah kelompok eksperimen dengan nilai 2 dan persentase 7%. Pada kelompok kontrol terendah dengan nilai 3 dan persentase 60%. Kata kunci : Metode Wafa dan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:41
Last Modified: 14 Jun 2021 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item View Item