SANTI, RAHAYU (2021) PENGARUH METODE WAFA TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA DINI DI TPA NURUL IMAN LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Banyak yang tidak puas dengan metode pengajaran dalam mempelajari Al-Qur‟an karena kurang memperhatikan tahap perkembangan anak dan hanya mengoptimalkan otak kiri serta mengesampingkan otak kanan yang didominasi oleh aspek menyenangkan dan memiliki memori jangka panjang. Salah satu metode pembelajaran Al-Qur‟an yang berkembang saat ini adalah Metode Wafa, yaitu suatu metode membaca Al-Qur‟an yang di gagas oleh Tim Wafa Pusat Surabaya dengan menggunakan pendekatan metode otak kanan. Berbeda dengan metode lainnya, metode wafa menyajikan metodenya dengan pembelajaran bahasa sehari-hari yang sama dengan bahasa Indonesia sehingga pada tahap anak usia dini akan mudah dalam belajar Al-Qur‟an seperti mengenal huruf-huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode wafa terhadap pengembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak di TPA Nurul Iman Lampung Barat. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis Eksperimen dengan design Non-Equivalent Control Grup Design. Subjek penelitian berjumlah 30 anak yang dibagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat penilaian skala likert. Kemudian analisis data menggunakan Uji Paired Sample T Test. Hasil pengujian hipotesis diporoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%) yang artinya terdapat pengaruh metode wafa terhdapan pengembangan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Meskipun metode wafa unggul dalam beberapa indikator, tetapi lemah dalam satu indikator. Yakni indikator melafalkan bunyi huruf hijaiyah secara urut. Hal ini terbukti dengan persentase tertinggi kelompok eksperimen sebesar 33% dan pada kelompok kontrol 40%. Sedangkan persentase terendah kelompok eksperimen dengan nilai 2 dan persentase 7%. Pada kelompok kontrol terendah dengan nilai 3 dan persentase 60%. Kata kunci : Metode Wafa dan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 05:41 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 05:41 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14611 |
Actions (login required)
View Item |