PENGEMBANGAN MEDIA CERPEN IPA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP UNTUK PESERTA DIDIK KELASVIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

TIKA, AGUSTIANI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA CERPEN IPA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP UNTUK PESERTA DIDIK KELASVIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Tika BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (777kB)
[thumbnail of Skripsi Tika AgustianiLLENGKAP).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA CERPEN IPA BERBASIS PEMAHAMAN KONSEP UNTUK PESERTA DIDIK KELASVIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG Oleh Tika Agustiani Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Selama proses pembelajaran, telah menggunakan media pembelajaran seperti papan tulis, power point serta media cetak. Buku cetak yang berukuran besar dan tebal sangat sering digunakan pendidik dalam mengajar dengan jumlah terbatas dibandingkan media lainnya. Terlihat bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam membantu menyampaikan materi masih kurang menarik dan kurang bervariasi, serta pada proses pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas pendidik, hal ini yang membuat peserta didik merasa bosan dan pada akhirnya peserta didik kurang dalam memahami konsep-konsep pembelajaran serta pasif dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan media pembelajaran baru yang lebih variatif dan ringan untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana mengembangkan media cerpen IPA berbasis pemahaman konsep untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung, (2) bagaimana kelayakan media cerpen IPA berbasis pemahaman konsep untuk peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan sebagai berikut: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development) dan (4) diseminasi (dissemination). Alat pengumpulan data yang digunakan berupa: (1) angket validasi ahli, (2) angket penilaian pendidik, (3) angket respon peserta didik dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian dengan pengembangan media cerpen IPA berbasis pemahaman konsep menunjukan bagaimana media cerpen IPA yang dikembangkan kemudian memperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 95% dari ahli media, 79 % dari ahli materi dan 95% dari ahli bahasa, serta penilaian dari pendidik memperoleh persentase 94% dan dari peserta didik memperoleh persentase 87% sehingga berdasarkan penilaian tersebut, maka media cerpen IPA mendapatkan tanggapan yang baik dari peserta didik maupun dari pendidik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA khususnya materi sistem pencernaan makanan untuk peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Media Cerpen IPA, Pemahaman Konsep dan Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:32
Last Modified: 14 Jun 2021 05:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14609

Actions (login required)

View Item View Item