REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF ENCO MULYASA DAN RELEVANSINYA TERHADAP GURU PAI

KESTI, NADYA ANANTA (2021) REVOLUSI MENTAL DALAM PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF ENCO MULYASA DAN RELEVANSINYA TERHADAP GURU PAI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Download (743kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, yaitu rendahnya mental seorang guru dan siswa. Menurut Enco Mulyasa, hal ini disebabkan karena adanya beberapa penyakit mental yang sering dialami oleh guru, di antaranya: Virus EBOLA (Enggan Belajar Otaknya Lamban), Kudis (Kurang Disiplin), Kram (Kurang Terampil), Lesu (Lemah Sumber), dan Liper (Lemah Ilmu Pengetahuan, Empati Rendah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif Enco Mulyasa mengenai revolusi mental dalam pendidikan dan relevansinya terhadap guru PAI. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library reseach) yaitu susunan yang terbentuk dari kumpulan asumsi-asumsi yang menyimpulkan sesuatu yang jelas. Penelitian ini bersifat deskriptif (description research), yaitu dengan cara memaparkan suatu keadaan tanpa menilai benar tidaknya suatu konsep. Penelitian ini menunjukkan hasil: Pertama, nilai-nilai spiritual yang dianut dan dihayati oleh masyarakat; Kedua, menyangkut sisi dalam manusia; Ketiga, menyangkut kemampuan fisik dan non-fisik. Relevansinya terhadap guru PAI adalah sebagai berikut: Guru harus merevolusi dirinya sendiri guna untuk menciptakan pendidikan yang baik sehingga menciptakan generasi emas yang memiliki sikap, di antaranya: berakhlak mulia, arif dan bijaksana, dan berkepribadian mantap. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran, sebagai berikut: Pertama, bagi lembaga pemerintah/kemenag, hendaknya dapat memperhatikan dan merekomendasikan nilai-nilai revolusi mental agar dirumuskan beserta cara berpikir dan bertindak seorang individu dan masyarakat. Kedua, bagi sekolah/madrasah, sebagai lingkungan pendidikan harus memberi dukungan yang penuh bagi guru pendidikan agama Islam yang ingin melakukan revolusi mental guna menjadi guru yang teladan bagi siswanya. Ketiga, bagi guru/pendidik, guru/pendidik menempati posisi utama dalam menentukan arah mutu pendidikan. Pendidikan yang memiliki tingkat keilmuan dan akhlak yang terpujilah yang akan menjadi model ideal bagi siswa bahkan bagi orang lain. Maka dari itu, Skripsi ini dirasa pantas sebagai sumbangan konsep bagaimana melakukan revolusi mental dalam pendidikan. Keempat, peneliti lain, diharapkan dapat dikembangkan melalui metode-metode pembelajaran sehingga dapat melengkapi penelitian ini dan penelitian-penelitian sebelumnya. Kata Kunci: Revolusi Mental dalam Pendidikan dan Relevansinya terhadap Guru PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:34
Last Modified: 14 Jun 2021 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item