TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PRINSIP PROFESIONALISME DAN AKUNTABILITAS PUBLIK DALAM SELEKSI KOMISIONER KOMISI PEMILIHAN UMUM (Studi di KPU Provinsi Lampung)

ALLEN, INDRA YUDHA (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PRINSIP PROFESIONALISME DAN AKUNTABILITAS PUBLIK DALAM SELEKSI KOMISIONER KOMISI PEMILIHAN UMUM (Studi di KPU Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ALLEN INDRA YUDHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komisi Pemilihan Umum merupakan salah satu lembaga negara yang bersifat independen. Kedudukan Komisi Pemilihan Umum dengan demikian tidak dapat disejajarkan dengan lembaga-lembaga negara yang telah ditentukan dalam Undang�Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Tuntutan dan ekspektasi publik terhadap penyelenggaraan pemilu dan pilkada yang berkualitas dari hari ke hari semakin nyaring disuarakan. Oleh karena itu, tampilnya sosok penyelenggara pemilu yang profesional dan berintegritas akan berakibat kepada meningkatnya kredibilitas publik kepada institusi penyelenggara pemilu beserta seluruh hasilnya. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik dalam seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik dalam seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik dalam seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik dalam seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari sejumlah responden yang terdiri dari anggota Komisioner KPU Provinsi Lampung dan para anggota Tim Seleksi Anggota KPU Provinsi Lampung periode 2019-2024. Sedangkan data sekunder dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data-data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang terdapat pada perpustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode interview, dokumentasi dan pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam proses seleksi komisioner KPU Provinsi Lampung telah menerapkan prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik dan apabila ditinjau menurut fiqh siyasah sudah sesuai dengan ajaran Islam. Dimana prinsip profesionalisme dan akuntabilitas publik telah sesuai dengan sifat-sifat yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW yaitu siddiq (jujur), amanah (bertanggung jawab, akuntabilitas), tabligh (komunikatif) dan fatonah (cerdas, profesional). Karena komisioner KPU Provinsi Lampung harus profesional dan bertanggung jawab agar dapat mengemban tugasnya dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:53
Last Modified: 14 Jun 2021 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item