MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BINA INSANI LAMBU KIBANG TULANG BAWANG BARAT

Vatmala, Titi (2017) MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BINA INSANI LAMBU KIBANG TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Vatmala.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan Interpersonal adalah salah satu kecerdasan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini, Kecerdasan Interpersonal pada anak diindikasikan dengan kerja sama, empati dan menjalin kontak dengan teman. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di PAUD Bina Insani Lambu Kibang Tulang Bawang Barat?”, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di PAUD Bina Insani Lambu Kibang Tulang Bawang Barat Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian guru dan objek penelitian siswa. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran di PAUD Bina Insani Lambu Kibang Tulang Bawang Barat bahwa guru memang sudah menerapkan Langkah-Langkah Metode Bermain Peran sesuai dengan teori yang mereka pahami sebagaimana yang digunakan gabungan dari teori Winda Gunarti Dkk dan Yuliani Nuraini Sugiono dan Bambang Sugiono dimulai Guru memilih tema untuk kegiatan yang ingin dicapai, Guru membuat naskah jalan cerita yang akan dimainkan, Guru mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan dan aturan dalam bermain peran, Guru sudah mempersiapkan alat yang akan digunakan saat bermain peran, Guru menjelaskan alat-alat yang akan digunakan oleh peserta didik untuk bermain, Guru membagikan tugas kepada peserta didik sesuai dengan peran yang akan dimainkan, agar tidak berebut saat bermain peran, Guru hanya /mendampingi peserta didik dalam bermain peran, Guru mengadakan diskusi untuk mengulas kembali nilai-nilai dan pesan yang terkandung dalam bermain peran untuk diteladani peserta didik tetapi guru kurang mengantisifasi setiap kelemahan didalam langkah –langkah bermain peran sehingga menyebabkan Kecerdasan Interpersonal anak belum berkembang secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Sep 2017 03:01
Last Modified: 28 Sep 2017 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item