PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 PADA TEMA DIRIKU

KIKY, EKA WARDHANI (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 PADA TEMA DIRIKU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI KIKY EKA WARDHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (32MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari kurangnya variasi media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa buku cerita bergambar berbasis metode SAS sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: (1) Pembelajaran yang dilakukan belum menggunakan metode SAS khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. (2) Sumber pembelajaran hanya menggunakan buku tematik dan belum adanya buku cerita bergambar berbasis metode SAS (Struktur Analitik Sintetik).(3) Belum tersedianya buku cerita bergambar berbasis metode SAS (Struktural Analitik Sintetik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dari produk buku cerita bergambar berbasis metode SAS meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I pada tema I diriku, untuk mengetahui kelayakan dari produk buku cerita bergambar berbasis metode SAS meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I pada tema I diriku, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap buku cerita bergambar berbasis metode SAS meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I pada tema I diriku. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analysis, design, development, implementasi, evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli bahasa, 2 pendidik kelas I dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas I SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita bergambar berbasis metode SAS memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 80% dengan kategori “layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 84,70% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 70% dengan kategori “Layak”, penilaian pendidik memperoleh rata-rata persentase 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon peserta didik uji coba skala kecil mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 78,33% dengan kategori “Layak”, uji coba skala besar mendapatkan persentase keseluruhan sebesar 74% dengan kategori “Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar berbasis metode SAS yang telah peneliti kembangkan “sangat layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Buku Cerita Bergambar, Metode SAS, Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:49
Last Modified: 14 Jun 2021 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item