PANDANGAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENERTIBKAN PARKIR LIAR (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung)

SELFI, MERLIANI (2021) PANDANGAN SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PELAKSANAAN STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENERTIBKAN PARKIR LIAR (Studi di Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Secara hukum dilarang untuk parkir di tengah jalan raya; namun parkir di sisi jalan umumnya diperbolehkan. Retribusi merupakan pendapatan Negara dan merupakan pungutan yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kota, yang sangat memperhatikan sekali kebijakan dan pelaksanaan Pengelolaan Perparkiran guna terus meningkatkan PAD dari sektor retribusi parkir. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam menertibkan parkir liar dan bagaimana pandangan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam menertibkan parkir liar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam menertibkan parkir liar dan untuk menganalisis pandangan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam menertibkan parkir liar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), serta sifat penelitian ini berupa deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengolahan data yaitu, editing, coding dan sistematika data. Kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif dengan cara berfikir induktif. Pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam menertibkan parkir liar yaitu setiap kegiatan usaha yang akan menyelenggarakan parkir wajib mendapatkan izin terlebih dahulu dari dinas, Dinas perhubungan juga berwenang melakukan evaluasi setiap dua tahun terhadap penggunaan dan penetapan ruang milik jalan untuk fasilitas parkir, apabila fasilitas parkir mengganggu keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas maka pihak dinas perhubungan berhak meniadakan fasilitas tersebut. Dalam melakukan peniadaan ruang milik jalan untuk fasilitas parkir harus dilakukan secara bertahap yang di bantu dari pihak Kepolisian dan Satpol PP. Pandangan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan strategi Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung Dalam Menertibkan parkir liar yaitu tidak bertentangan, dikarenakan dalam siyasah dusturiyah mengenai tujuan dari pembentukan hukum atau kebijakan pemerintah mempunyai tujuan untuk merealisasikan kemaslahatan manusia, memberikan manfaat kepada mereka dan menolak kemudharatan dengan menjamin kebutuhan pokok dan memenuhi kebutuhan sekunder serta kebutuhan pelengkap mereka yang dalam hal ini parkir liar dapat mengganggu keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas maka dari itu pemerintah perlu melakukan tindakan demi menertibkan adanya parkir liar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:34
Last Modified: 14 Jun 2021 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14577

Actions (login required)

View Item View Item