NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI TINGKEBAN (Studi di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran)

EKA, FITRIANI (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI TINGKEBAN (Studi di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI EKA FITRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of COVER ,BAB1,2 ,DAPUS EKA FITRIANI.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada hakikatnya adalah kumpulan atau pedoman hidup manusia, dengan adanya Nilai menjadi acuan atau tujuan hidup manusia agar manusia mempunyai prinsip-prinsip dalam hidupnya. Tradisi tingkeban merupakan selamatan tujuh bulan yang dilakukan masyarakat Jawa, pada saat seorang perempuan yang sedang mengandung dan usianya tujuh bulan maka biasanya akan diadakan tradisi tingkeban atau selamatan tujuh bulan, yang dilakukan oleh kerabat dan tetangga terdekat. Tradisi ini banyak mengandung nilai-nilai pendidikan terutama nilai pendidikan Islam. Dari pembahasan yang sudah dijelaskan yang membahas Nilai-Nilai pendidikan Islam dalam Tradsi Tingkeban pada masyarakat Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Masalah yang dikaji adalah, Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tingkeban di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Nilai-Nilai pendidikan Islam dalam tradisi tingkeban dan mengurangi persepsi negatif masyarakat tentang budaya Jawa. Manfaat Penelitian untuk mengembangkan nilai-nilai Pendidikan Islam mengenai hal-hal yang bersifat tradisional dalam masyarakat yang berkaitan dengan tradisi keislaman. Penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan hasil dari Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengolah keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber, tehnik, waktu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tradisi tingkeban di Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Pada hakikatnya pelaksanaan tradisi tingkeban adalah sebuah permohonan do’a untuk calon bayi dan calon ibu agar mendapat perlindungan dari Allah SWT. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi tingkeban adalah bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan suatu kepercayaan untuk menjadi orang tua bagi anaknya, bersedekah kepada sesama, terbentuknya kerukunan pada masyarakat, dan mengandung nilai kepercayaan. Dengan penjelasan diatas dapat disimpulkan adanya penelitian mengenai tradisi tingkeban ini maka dapat dilihat bahwasannya tradisi ini mengandung Nilai-Nilai Pendidikan Islam diantaranya, Nilai Aqidah, Nilai Ibadah, Nilai Amaliyah, Nilai Ukhuwah Islamiyah. Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tingkeba

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:29
Last Modified: 14 Jun 2021 02:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item