PENGARUH PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DAN MINAT Menghafal Al-Qur'an terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadist peserta didik kelas XII di pondok pesantren Daarul Huffaz Pesawaran Lampung

Susanto, Rindang (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DAN MINAT Menghafal Al-Qur'an terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadist peserta didik kelas XII di pondok pesantren Daarul Huffaz Pesawaran Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (567kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (644kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (288kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (323kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (218kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pokok dalam tesis ini adalah, “Seberapa Besar Pengaruh Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan Minat Menghafal al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas XII di Pondok Pesantren Daarul Huffaz Pasawaran Lampung tahun pelajaran 2016 /2017”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan Minat Menghafal al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas XII di Pondok Pesantren Daarul Huffaz Pasawaran Lampung tahun pelajaran 2016 /2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII A dan kelas XII B Adalah berjumlah 45 orang siswa. Kemudian dalam peneltian ini penulis mengunakan penelitaian sampling acak {random}, dikarenakan dari populasi yang diambil yaitu siswa kelas XII A,dan XII B, telah memenuhi ciri-ciri yang terdapat pada seluruh populasi dari kelas XII A,dan XII B, Pondok Pesantren Daarul Huffaz Pasawaran Lampung. Dalam mengambil sample ini penulis berpedoman kepada pendapat Suharsimi Arikunto yaitu: ”makin besar tingkat kesalahan maka akan semakin kecil jumlah sampel yang diperlukan dan sebaliknya, makin kecil tingkat kesalahan semakin besar jumlah anggota sampel yang diperlukan sebagai sumber data”. Untuk tingkat taraf kesalahan antara10-15 % . Adapun Varabel-variabel dalam penelitian ini adalah Variabel bebas / Independent Variabel (X) meliputi antara lain :Variabel bebas terdiri dari dua Variabel, yakni variabel X1 : Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dengan indikator meliputi Talaqqi, membaca ayat yang dihafal sambil memberi tanda tick, mengulang hafalan, memperdengarkan hafalan kepada guru,mengulang hafalan sebanyak sepuluh kali dan evaluasi hafalan. Variabel X2 adalah minat menghafal al-Qur’an terhadap hasil belajar Qur’an Hadits dengan indikator motivasi menghafal al-Qur’an, targetan hafalan al-Qur’an,semangat yang tinggi, dan rangkaian ibadah yang kontinue peserta didik. Variabel terikat / Dependent Variabel (Y) yang meliputi antara lain : Kegiatan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan Qur’an Hadits yaitu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan tahfidzul Qur’an dan pembelajaran Qur’an Hadits termasuk minat dan motivasi peserta didik dalam menghafal al-Qur’an dan mempelajari Qur’an Hadits. Termasuk juga Pengaruh Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Daarul Huffaz Lampung dan minat menghafal al-Qur’an Terhadap hasil belajar Qur’an Hadits peserta didik di Pondok Pesantren Daarul Huffaz Pasawaran Lampung. Proses penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode kuesioner sebagai metode pokok dan dilengkapi dengan metode interview, observasi dan dokementasi sebagai metode bantu agar diperoleh data yang valid dan kuat. Adapun metode analisa data yang penulis gunakan yaitu metode statistik dengan rumus korelasi angka kasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:09
Last Modified: 28 Sep 2017 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item