PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG

FATIMAH, AZAHRO (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 29 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitin ini menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan bentuk desain non equivalent control group pretest-postest group desain. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh peserta didik kelas IX SMPN 29 Bandar Lampung dengan jumlah keseluruhan 269 orang yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan memperoleh kelas IX. 6 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran self organized learning environments (sole) serta kelas IX.7 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model blended learning. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test untuk menjawab hipotesis. Sebelum dilakukannya uji hipotesis, data diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorov- Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan uji levene statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap minat belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran blended learning. Pengujian hipotesis memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < dari taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar peserta didik kelas IX pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 29 Bandar Lampung. Kata kunci: Model Pembelajaran Blended Learning, Minat Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 07:12
Last Modified: 11 Jun 2021 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14559

Actions (login required)

View Item View Item