ERMA, SUSTIKA DEWI (2021) IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYATAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN 1 LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYATAKAN PENDAPAT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MAN 1 LAMPUNG BARAT Oleh : Erma Sustika Dewi Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MAN 1 Lampung Barat pada pelajaran Fiqih, sudah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan menyatakan pendapat peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya peserta didik yang kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Brainstorming pada mata pelajaran Fiqih di Kelas X MAN 1 Liwa Lampung Barat dan mengetahui penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkat kemampuan menyatakan pendapat pada mata pelajaran Fiqih di Kelas X MAN 1 Liwa Lampung Barat Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas X MAN 1 Lampung Barat dengan peserta didik berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran Fiqih tentang Kepemilikan dalam Islam, Perekonomian dalam Islam, Pelepasan dan Perubahan Kepemilikan Harta tersebut sudah bisa dikatakan baik dilihat dari langkah-langkah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi sudah diterapkan oleh pendidik, peserta didik juga di arahkan untuk aktif mengikuti pembelajaran melalui metode brainstorming karena metode ini merupakan pembelajaran dua arah yang tidak hanya pendidik yang aktif akan tetapi peserta didik juga mampu untuk mengungkapkan gagasan dan penerapan metode Brainstorming dalam meningkatkan kemampuan menyatakan pendapat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 1 Lampung Barat sudah dilaksanan, namun belum berjalan dengan baik dikarenakan iipendidik kurang maksimal dalam menerapkan metode tersebut, sehingga tidak semua peserta didik terlihat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran Fiqih. Kata Kunci : Metode Brainstorming, Pendidik, Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 07:08 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 07:08 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14558 |
Actions (login required)
View Item |