PENERAPAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG

Devi, Meilasari (2021) PENERAPAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH 1 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Devi Meilasari FIX.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pada era globalisasi ini, Seperti yang kita lihat, kebanyakan anak zaman sekarang lebih menyukai bermain gadget daripada membaca buku. Padahal jika anak diajarkan untuk menyukai buku sejak usia dini secara tidak langsung anak akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dikemudian hari. Maka dari itu diterapkan literasi agar memberikan manfaat terhadap suatu bidang terutama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa yang mencakup membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Karena kemampuan berbahasa anak sangatlah penting untuk kehidupan yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan literasi dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan literari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat dari kemampuan berbahasa yang telah dicapai anak diantaranya: anak sudah bisa mengucapkan kata dengan tepat, anak juga dapat mengenal istilah baru (kata), anak dapat mengenal symbol huruf, anak dapat menghubungkan kata dengan gambar, anak dapat menyambungkan garis putus-putus pada huruf, anak dapat mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, anak dapat menirukan suara tokoh-tokoh dalam cerita atau dongeng dan anak dapat membedakan suara masing- masing tokoh dalam cerita atau dongeng. Kata Kunci: Literasi, Kemampuan Berbahasa anak usia 4-5 Tahuniii ABSTRAC In this era of globalization, as we can see, most children today prefer playing gadgets rather than reading books. In fact, if children are taught to like books from an early age, children will indirectly gain broader knowledge at a later date. Therefore, literacy is applied in order to provide benefits to a field, especially in improving language skills which include reading, writing, listening, and speaking. Because children's language skills are very important for the life to come. This study aims to describe the application of literacy in improving language skills of children aged 4-5 years at Aisyiyah 1 Kindergarten Labuhan Ratu Bandar Lampung. Researchers used a qualitative descriptive approach. The technique of collecting data is by interviewing, observing and documenting. The results of the study showed that the application of literacy to improve the language skills of children aged 4-5 years in Aisyiyah 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung Kindergarten has been carried out well, this can be seen from the language skills that have been achieved by children including: children can pronounce words correctly, children children can also recognize new terms (words), children can recognize letter symbols, children can connect words with pictures, children can connect dotted lines on letters, children can listen to stories and retell the contents of the story in a simple way, children can imitate the voices of characters. character in a story or fairy tale and the child can distinguish the voice of each character in the story or fairy tale. Keywords: Literacy, Language Skills Of Children Aged 4-5 Years

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:58
Last Modified: 11 Jun 2021 06:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item