SHELY, KRISMANDARA (2021) UPAYA KREATIVITAS GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMI KELAS IV MI AL-MAKMUR TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK UPAYA KREATIVITAS GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMI KELAS IV MI AL-MAKMUR TANGGAMUS Oleh: SHELY KRISMANDARA Kondisi dunia saat ini sedang terpapar oleh pandemi virus yang bernama Corona Virus (Covid-19), sehingga masyarakat didunia harus melalukan social distancing. di Indonesia pun diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga mengakibatkan semua kegiatan yang ada diluar sangat dibatasi termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga mengakibatkan sekolah-sekolah harus belajar melalui sistem daring dan luring. Melalui daring dan luring, pendidik pun sangat terbatas dalam melakukan metode pembelajaran seperti yang dilakukan di sekolah mengakibatkan berkurangnya motivasi untuk belajar dari dalam diri peserta didik. Dari latar belakang masalah yang saya angkat yaitu adanya hambatan peserta didik dalam belajar yaitu kurang bervariasinya model pembelajaran yang diberikan oleh pendidik sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan dua variabel yaitu Variabel bebas kreativitas guru dan variabel terikat motivasi belajar. Lokasi penelitian yaitu di MI Al- Makmur Tanggamus. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah bagaimana upaya kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi. Adapun subjek dan objek yang dijadikan sebagai informan adalah peserta didik kelas IV dan wali kelas IV yaitu ibu Hafifah,S.Pd. sumber data primer yang peneliti lakukan adalah melalui wawancara dengan pendidik. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan peserta didik Dari hasil penelitian yang didapat, disimpulkan bahwa cara pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi yaitu dengan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi serta menggunakan buku tema yang ada, menjelaskan materi pembelajaran dengan menggunakan video serta pemberian reward bagi peserta didik yang mampu mendapatkan nilai bagus. Kata Kunci: Kreatifitas guru, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 06:29 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 06:29 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
View Item |