PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING TERHADAP PERMASALAHAN KESULITAN BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DIANA, MARISTA (2021) PENGARUH KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING TERHADAP PERMASALAHAN KESULITAN BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUKIT KEMUNING KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full diana marista.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang menunjukkan prestasi belajar yang rendah, hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha, lambat dalam melaksanakan tugas-tugas, menunjukan sikap yang kurang wajar, menunjukan tingkah laku yang berlainan, menunjukan gejala emosional. Perilaku tersebut menunjukkan kesulitan belajar pada peserta didik di kelas VIII 5 SMP Negeri 1 Bukit Kemuning. Jadi terdapat peserta didik menunjukkan kesulitan belajar yang tinggi. Rumusan dari penelitian ini, yaitu seberapa besar pengaruh konseling behavioral dengan teknik operant conditioning terhadap permasalahan kesulitan belajar IPS peserta didik?, apakah Konseling Behavioral dengan teknik operant conditioning berpengaruh untuk mengurangi permasalahan kesulitan belajar IPS peserta didik kelas VIII 5 SMP Negeri 1 Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan/treatment konseling behavioral dengan teknik operant conditioning pada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Jenis penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan One�group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini berjumlah 31 peserta didik kelas VIII 5 SMP Negeri 1 Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi setelah diberikan pretest angket/kuesioner kesulitan belajar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/Angket Kesulitan Belajar IPS. Berdasarkan penyebaran angket/kuesioner terhadap 31 peserta didik kelas VIII 5, terdapat 10 peserta didik yang menunjukkan gejala kesulitan belajar. Konseling behavioral dengan teknik operant conditioning dilakukan sebanyak 4 kali, dan dilakukan sebanyak 2 kali tes (pretest-posttest) kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan data 10 peserta didik yang mengalami kesulitan belajar saat pre-test memperoleh rata-rata sebesar 83,9 dengan nilai minimum sebesar 80 dan nilai maksimum sebesar 90. Kemudian hasil post-test pada 10 peserta didik tersebut memperoleh nilai rata-rata 59,3 dengan nilai minimum sebesar 53 dan nilai maksimum sebesar 72. Hasil penelitian menunjukkan penurunan hasil rata-rata sebesar 24,6. Berdasarkan hasil posttest skala kesulitan belajar sebanyak 10 peserta didik yang tadinya memiliki kategori tinggi menjadi kategori sedang, dan hasil analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon (uji Z) maka nilai Zhitung yang didapat sebesar -2.805 dengan mean pretest 83.9 dengan nilai minimum 80 dan nilai maksimum 90. Hasil uji Wilcoxon dengan menggunkan software SPSS versi 25 didapatkan Z hitung menunjukkan nilai Z sebesar -2.805 ada taraf signifikan 5% dan diketahui Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.005 lebih kecil dari 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Hα diterima. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik operant conditioning terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara berpengaruh dalam mengurangi pemasalahan kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:29
Last Modified: 11 Jun 2021 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item