ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENETAPAN DISKON TARIF BAYAR LISTRIK MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Perusahaan Listrik Negara [PLN] Rayon Pringsewu)

Sari, Yulianingsih (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PENETAPAN DISKON TARIF BAYAR LISTRIK MASA PANDEMI COVID-19 (Studi di Perusahaan Listrik Negara [PLN] Rayon Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Perusahaan Listrik Negara (persero) sendiri merupakan salah satu penghasil pendapatan bagi negara hal ini dikarenakan kepemilikan perusahaan ini dipegang oleh Negara, dengan adanya virus Covid-19 yang menyebar dan menjadi pandemi di seluruh dunia, listrik semakin menjadi kebutuhan yang penting, bagaimana tidak, dengan adanya Covid-19 yang ikut menyebar masuk ke Indonesia menjadikan pemerintah membuat suatu kebijakan salah satunya penetapan diskon tarif bayar listrik bagi yang masuk kriteria, yakni mereka yang mendapatkan subsidi listrik bertegangan 900VA. Bagi yang memiliki tegangan listrik 900VA bersubsidi akan dikenakan biaya potongan sebesar 50% dari jumlah tertinggi selama 3 bulan pembayaran. Adapun cara untuk mendapatkannya bisa melalui Web www.pln.co.id ataupun melalui WhatsApp di 08122-123-123. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu dan Bagaimana analisis Hukum Islam terhadap penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu dan Untuk mengetahui analisis Hukum Islam terhadap penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif melalui cara berfikir deduktif, Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi, adapun jumlah populasi dalam penelitian ini yakni berjumlah 32.157 dan untuk jumlah karyawan dari Rayon Pringsewu ini berjumlah 15 orang, sedangkan untuk penentuan sampelnya dengan mempertimbangkan berbagai hal yakni dari segi waktu yang cukup terbatas serta tenaga yang dimiliki penulis maka sampel hanya diambil 15 rumah tangga penerima listrik bersubsidi 900VA dan 2 orang karyawan di Rayon Pringsewu. Dalam pelaksanaan dari praktik penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu sesuai dengan ketentuan Surat dari Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI tanggal 31 Maret 2020 perihal Pelaksanaan Diskon Tarif Tenaga Listrik. Dan pandangan hukum Islam terhadap penetapan diskon tarif bayar listrik masa pandemi covid-19 di Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Pringsewu, Kabupaten Pringsewu sudah sesuai dengan hukum Islam dimana rukun syarat dalam jual belinya telah terpenuhi adapun tas’ir yang dilakukan oleh pemerintah telah memenuhi syarat�syarat tertentu yang sehingga tas’ir tersebut dip

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:48
Last Modified: 11 Jun 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item View Item