PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD AMAR MARGODADI LAMPUNG SELATAN

Saputri, Selfi (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD AMAR MARGODADI LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Saputri.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Seorang pendidik hendaknya semaksimal mungkin berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik, yang menjadi tanggung jawabnya, diantaranya dengan memberikan metode yang berinovasi untuk perkembangan penelitian di bidang belajar mengajar.Sejalan denga berkembangnyailmu pembelajaran dan penelitian di bidang pembelajaran maka di temukan strategi-strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik yaitu merupakan strategi menggunakan media gambar dengan metode tanya jawab, strategi pembelajaran yang diterapkan berkaitan dengan hasil interaksipeserta didik. Dalam penelitian rumusan masalah yang penulis ajukan yaitu “Mengapa penggunaan Media Gambar belum dapat mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Amar Margodadi Lampung Selatan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana media gambar dapat mengembangkan bahasa anak usia dini khususnya di PAUD Amar Margodadi Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim disebut Classroom Action Risearch.Alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Anak melalui Media Gamba,r anak kelompok B I PAUD Amar Margodadi Lampung Selatan, pada siklus I peserta didik yang Belum Berkembang mempunyai nilai persentase yang tinggi, dan peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mempunyai nilai persentase yang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang aktif dan kurang fokus dalam menerima pembelajaran khususnya penggunaan media gambar dalam perkembangan bahasa anak. Pada siklus II, peserta didik yang Belum Berkembang mengalami jumlah yang sangat rendah dibanding pertemuan sebelumnya, peserta didik yang Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan yang bertambah dan dapat dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator tingkat pencapaian yakni 80%. Maka dapat penulis simpulkan bahwa melalui Media Gambar di PAUD Amar Margodadi Lampung Selatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:18
Last Modified: 27 Sep 2017 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item