PENGEMBANGAN VIDEO EDUKATIF YOUTUBE DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATER BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA SMP/MTs

LINIA, LUPITA (2021) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKATIF YOUTUBE DENGAN APLIKASI POWTOON BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATER BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LINIA LUPITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika sering kali dikenal sebagai pelajaran yang sangat membosankan dan sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, pembelajaran harus dibuat semenarik mungkin dan mengikuti perkembangan zaman. Disamping itu, unsur budaya tetap di kenalkan kepada siswa bersamaan dengan proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan video edukatif matematika berbasis etnomatematika berbantuan powtoon pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs dan mengetahui respon siswa terhadap video edukatif berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi powToon sebagai media pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang meliputi: Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), Implementasi (penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dan siswa SMPN 02 Abung Tinggi. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap produk video edukatif YouTube berbantuan PowToon berbasis etnomatematika dalam kategori valid dengan nilai rata-rata 3,41 dari rata-rata skor tertinggi 4,00. Penilaian ahli media berdasarkan angket vaidasi ahli media terhadap produk video edukatif YouTube berbantuan PowToon berbasis etnomatematika dalam kategori valid dengan rata-rata nilai 3,62 dari rata-rata skor tertinggi 4,00. Pada uji lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 siswa dari MTs Muhammadiyah dan 30 siswa dari SMPN 02 Abung Tinggi diperoleh skor rata-rata kemenarikannya 3,30 dan 3,49 pada kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video edukatif YouTube berbantuan PorwToon berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs layak untuk digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran. Kata Kunci : Video edukatif, YouTube, PowToon, Etnomatematika , Bangun Sisi Ruang Lengkung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:26
Last Modified: 10 Jun 2021 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item