PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG

FERIANSYAH, Kasino (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM ASSALAM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait diketahui bahwa masaih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal itu juga dibuktikan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pemecahan masalah matematika yang telah diuji cobakan pada awal prapenelitian. Berdasarkan hal tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengasah kreatifitas siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika adalah Creative Problem Solving (CPS). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SD Islam Assalam Bandar Lampung. Kemudian untuk rumusan masalah yang dikemukakan Penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Islam Assalam Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,. Desain yang digunakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Islam Assalam Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu IV A sebanyak 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan IV B sebanyak 19 peserta didik sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data hipotesis, maka diperoleh thitung > ttabel = 2,595 > 2,158 atau sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar Matematika peserta didik pada kelas IV SD Islam Assalam Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Hasil Belajar, MatematikaABSTRACT The study is set against the background by this related problem it is known that many learners who score below minimum minimum minimum minimum criteria (KKM). It is also proven by the students' lack of ability to solve mathematical problems that have been tried in the beginning of prestudy. Based on these it's one of the only possible learning models.Used to assess student creativity in solving math problems are creative problems peculiar (CPS). The purpose of this study is to learn how the creative problem inherent (CPS) model has affected the result of studying fourth grade mathematics at the islamic capital assalam lampung. Then for the formulation of the problem brought forth by the study is whether or not there has been an influence on the creative problem studies model on the results of studying the iv grade islamic house assalam of lampung city. It's a quantitative study. The design used in experimental quasi. The population in this study is the fourth grade of Islam assalam city of lampung The study USES two classes of iv a as many as 21 as experiment and iv b as 19 as a control class. The data-collection tool USES documentation and testing. Based on analysis and hypothesis data processing, it is obtained by thitung > table = 2.595 > 2.158 or sig (2-tailed) for 0,000 < 0.05. This means that there is an influence on the creative problem inherent study model on hasi for learning the mathematics of learners in the islamic student's iv elementary class assalam city of lampung. Keywords: Creative Problem Solving Learning Model, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:55
Last Modified: 10 Jun 2021 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item