PERAN LURAH DALAM PILKADA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi pada Pilkada Tahun 2018 Kelurahan Tiuh Balak Pasar Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan)

FAUZI, FADHILLAH (2021) PERAN LURAH DALAM PILKADA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi pada Pilkada Tahun 2018 Kelurahan Tiuh Balak Pasar Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI FAUZI FADHILLAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan kepala daerah dilakukan secara langsung oleh penduduk daerah administratif setempat yang memenuhi syarat untuk memilih, jika tidak memiliki identitas maka tidak bisa menggunakan hak suaranya atau ikut memilih. Pemilihan kepala daerah dilakukan untuk memilih kepala daerah dan wakil kepala daerah, untuk provinsi memilih gubernur dan wakil gubernur, untuk kota memilih wali kota dan wakil wali kota, dan untuk kabupaten memilih bupati dan wakil bupati. Pemilihan kepala daerah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan diawasi langsung oleh badan Pengawas Pemilihan mum (Bawaslu).Salah satu dasar hukum penyelenggara pilkada adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, kepala desa tidak boleh ikut serta dalam pilkada dan dilarang membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri dan golongan atau organisasi tertentu. Dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, ASN atau kepala desa tidak boleh ikut kampanye yang tertulis pada Pasal 280 Undang-Undang Pemilu dalam kegiatan kampanye dilarang mengikutsertakan kepala desa atau perangkat desa. Pemimpin menurut Islam, dikatakan sebagai Ulul Al-Amr yang berarti pemilik kekuasaan. Kriteria dasar yang harus dimiliki oleh pemimpin ialah harus bersifat jujur (shidq), dapat dipercaya (amanah), memiliki rasa tanggung jawab (tabliq), dan memiliki kecerdasan (fathonah). Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dilakukan langsung padalingkungan yang bersangkutan seperti dilatar belakang langsung berinteraksi pada lingkungan yang diteliti. Sifat penelitian yang digunakan desktiptif analisis bertujuan menggambarkan, melukiskan secara sistematis dan objektif mengenai fakta-fakta yang bersangkutan. Setelah melakukan penelitian, peneliti menemukan beberapa aspek antara pemerintah kelurahan dan masyarakat. Seperti adanya dugaan tindakan kecurangan yang terjadi pada pilkada tahun 2018 di kelurahan Tiuh Balak Pasar, kurangnya sosialisasi yang membuat masyarakat kurang simpati pada pilkada. Kesimpulan penelitian, masih adanya dugaan tindakan kecurangan yang terjadi pada pilkada 2018 di kelurahan Tiuh Balak Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:37
Last Modified: 10 Jun 2021 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item