PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Elsa, Junisivia (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSIELSAJUNISIVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS Oleh Elsa Junisivia Kemampuan pemahaman konsep matematis kemampuan berpikir yang meliputi kemampuan untuk membedakan, menjelaskan,memperkirakan, memberikan contoh, menghubungkan, dan mendemonstrasikan. Kemampuan awal matematis adalah kemampuan pengetahuan mula-mula yang harus dimiliki seorang siswa yang merupakan prasyarat untuk mempelajari pelajaran yang lebih lanjut. Hasil pra penelitian menunjukan jika kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII Qur’an Hidayatul Qur’an rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran guided discovery learning menggunakan bahan ajar gamifikasi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan awal matematis Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan rancangan factorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Qur’an Hidayatul Qur’an Lampung Timur. Teknik pegambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Teknik analisis penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari data analisis dengan taraf signifikan 5% diperoleh Fa = 100,0190 > Ftabel = 4,016 sehingga H0A ditolak, Fb = 79, 9157 > Ftabel = 3,165 sehingga H0B ditolak, dan Fab = -38,2376 > Ftabel = 3,165 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan model pembelajaran guided discovery learning menggunakan bahan ajar gamifikasi dan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. (2) terdapat perbedaan kemampuan awal matematis antara kelompok tinggi, sedang dan rendah terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis kelompok tinggi, sedang dan rendah terhadap peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Guided Discovery Learning¸ Gamifikasi, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:41
Last Modified: 10 Jun 2021 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item View Item