UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PUZZLE USIA 5-6 TAHUN DI TK THOYYIBAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

MAIRA, DIYANTHI (2021) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN PUZZLE USIA 5-6 TAHUN DI TK THOYYIBAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI maira diyanthi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan belum optimal mengembangkan kognitif anak dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung lebih diarahkan pada pola pembelajaran yang monoton. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Puzzle Di TK Thoyyibah Sukarame Bandar Lampung ?”. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam mengembangkan kognitif melalui bermain puzzle di TK Thoyyibah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai metode pokok, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana penerapan media bermain puzzle dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, sedangkan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data dianalisis secara reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK THOYYIBAH Sukarame Bandar Lampung bahwa upaya guru dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teori Subagio dan Situmorang, masih ada salah satu langkah yang belum terlaksanakan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle dan membebaskan anak untuk memilih berbagai jenis puzzle yang mereka sukai, tetapi di TK THOYYIBAH ini guru langsung membagikan jenis puzzle kepada peserta didik. Dilihat dari upaya guru tersebut, mengembangkan kognitif melalui bermain puzzle di TK Thoyyibah Sukarame Bandar lampung dapat dikatakan Berkembang Sangat Baik dengan melihat perkembangan kognitif anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:41
Last Modified: 10 Jun 2021 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14486

Actions (login required)

View Item View Item