PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Abdurrohman, A (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pra penelitian dimana dari 117 siswa hanya 22 peserta didik yang minat belajarnya tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Adakah Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dapat Meningkatkan Minat Belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MIN 6 Bandar Lampung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaru penggunaan media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan minat belajar fiqih peserta didik kelas IV di MIN 6 Bandar Lampung. Alat pengumpul data yaitu metode tes, interview, observasi dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei dengan angket sebagai instrumen untuk memperoleh data X dan Y dan dianalisis dengan teknik analisis Rergresi satu prediktor dengan skor deviasi Penelitian ini dilaksanakan di MIN 6 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen yang digunakan adalah True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 117 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Kemudian di ambil 2 kelas sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus ‘t-test’. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IV MIN 6 Bandar Lampung.(tobservasi =13,52576, ttabel = 2,00488 dan untuk , maka ttabel > thitung yang berarti diterima H0) Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan t-test diatas dapat disimpulkan bahwa kelas Eksperimen dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan minat belajar fiqih peserta didik kelas IV MIN 6 Bandar Lampung sebesar 13,52576 dan rata-rata minat belajar fiqih peserta didik yang diajar dengan menggunakan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control yang tidak menggunakan media audio visual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Sep 2017 03:12
Last Modified: 27 Sep 2017 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item