Kurnia, Dona Audri (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 OLEH KURNIA DONA AUDRI Didalam proses pembelajaran salah satu kunci dari keberhasilan belajar adalah dilihat dari keaktifan belajar peserta didik. Keaktifan belajar merupakan hasil positif yang menunjukkan gambaran keberhasilan yang dicapai individu dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif dalam mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya. Terkadang ketidakberhasilan dalam proses belajar peserta didik disebabkan oleh adanya rasa canggung dengan orang lain, takut untuk bertanya, bersikap putus asa ketika menghadapi masalah, dan pengaruh lingkungan. Maka dalam keadaan tersebut yang menyebabkan peserta didik selalu berpikiran negatif terhadap dirinya dan potensi yang dimilikinya tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga timbul proses belajar yang pasif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis desain pre-experimental designs dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas XI yang memiliki keaktifan belajar rendah. Berdasakan hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hasil dibuktikan dari z hitung 2.524 dengan taraf signifikan 0,12 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dalam penelitian ini terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 07:26 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 07:26 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14473 |
Actions (login required)
View Item |