PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Kurnia, Dona Audri (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 OLEH KURNIA DONA AUDRI Didalam proses pembelajaran salah satu kunci dari keberhasilan belajar adalah dilihat dari keaktifan belajar peserta didik. Keaktifan belajar merupakan hasil positif yang menunjukkan gambaran keberhasilan yang dicapai individu dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif dalam mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya. Terkadang ketidakberhasilan dalam proses belajar peserta didik disebabkan oleh adanya rasa canggung dengan orang lain, takut untuk bertanya, bersikap putus asa ketika menghadapi masalah, dan pengaruh lingkungan. Maka dalam keadaan tersebut yang menyebabkan peserta didik selalu berpikiran negatif terhadap dirinya dan potensi yang dimilikinya tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga timbul proses belajar yang pasif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis desain pre-experimental designs dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dokumentasi, dan angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas XI yang memiliki keaktifan belajar rendah. Berdasakan hasil yang diperoleh menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan belajar setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hasil dibuktikan dari z hitung 2.524 dengan taraf signifikan 0,12 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dalam penelitian ini terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan keaktifan belajar. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:26
Last Modified: 09 Jun 2021 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item