METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tafsir Tematik)

Lestari, Ayu Fitri (2017) METODE PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tafsir Tematik). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pendidikan Islam adalah jalan yang dapat ditempuh untuk memudahkan pendidik dalam membentuk pribadi muslim yang berkepribadian Islam dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang digariskkan oleh Al-Qur'an dan hadits. Agar individu atau manusia berkembang menjadi seorang pribadi yang beragama (beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia) dan mengembangkan rahmatan lil alamin perlu diberi intervensi, yang dalam hal ini adalah pendidikan Islam. Melalui pendidikan Islam diharapkan individu dapat mengembangkan potensi takwa kepada- Nya. Apabila potensi ini berkembang dengan baik, maka individu akan mampu mengendalikan potensi jujur-Nya. Hal ini dimaksudkan agar tidak terwujud dalam bentuk- bentuk perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai agama yang telah tertanam dalam dirinya. Jika kita mengamati fenomena empirik yang ada di hadapan kita, sepertinya pendidikan Islam tampaknya terasa kurang terkait atau kurang memperhatikan terhadap persoalan bagaimana mengubah pengetahuan Islam yang bersifat kognitif menjadi makna dan nilai yang perlu diinternalisasikan dalam jiwa peserta didik sehingga dapat menjadi sumber motivasi bagi peserta didik untuk bergerak, berbuat dan berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari harinya. Penelitian ini bersifat kepustakaan (Library Research), yaitu kajian pustaka dengan mengambil data-data tertulis dari buku, jurnal, kamus, maupun berbagai literature yang terdapat dalam perpustakaan. Lebih dari itu, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian dengan data-data kualitatif berupa: ayat-ayat Al- Qur'an, penafsiran al-Qur'an , al-hadits dan sunnah Nabi, atsar sahabat, pendapatpendapat para ulama, riwayat, pengertian bahasa dan lafadz Al-Qur'an, serta kaedah maupun teori ilmu pengetahuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kajian tematik (maudhu'i) yaitu mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur'an yang mempunyai tujuan yang satu yang bersama-sama membahas topik/judul tema tertentu dan menertibkannya sedapat mungkin sesuai dengan masa turunnya, selaras dengan sebab-sebab turunnya, kemudian memperhatikan ayat-ayat tersebut dengan menjelaskan keterangan dengan hubungan-hubungannya dengan ayat yang lain dan menginstinbatkannya, kemudian akan diaplikasikan terhadap ayat-ayat yang terkait dengan metode pendidikan Islam. Berdasarkan hasil penelitian, dalam metode pendidikan Islam terdapat beberapa metode pendidikan Islam yang merujuk dengan kata metode dalam Al-Qur'an yakni yang dibahas metode pembiasaan, metode keteladanan, metode perumpamaan, metode kisah, dan metode targhib wa tarhib.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Sep 2017 02:59
Last Modified: 27 Sep 2017 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item