Esti, Mujayanah (2021) “STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DALAM MENINGKATKAN MUZAKKI DI KABUPATEN PESISIR BARAT”. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF
Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi adalah penentuan cara yang harus dilakukan agar memungkinkan memperoleh hasil yang optimal, efektif, dan dalam waktu yang relative singkat serta tepat menuju tujuan yang telah ditetapkan. Dengan strategi yang baik maka akan ada hasil pencapaian yang baik. maka dari itu penulis mengangkat judul tentang “Strategi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dalam Meningkatkan Muzakki Di Kabupaten Pesisir Barat” .Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Barat merupakan lembaga yang berwenang melakukan tugas pengelolaan ZIS, menghimpun serta menyalurkan ZIS. Dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil, ZIS harus dikelola dengan melembaga sesuai syariat islam yaitu amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian kumpulan hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaiman Strategi BAZNAS Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Pesisir Barat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi BAZNAS Dalam Meningkatkan Muzakki di Kabupaten Pesisir Barat.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif penelitian ini bersifat deskriptif.Data yang digunakan data primer dan data sekunder .Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh devisi sebanyak 11 orang tak terkecuali ketua Baznas Pesisir Barat dalam pengambilan sample penulis menggunakan metode porposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana sempel yang dipilih berdasarkan penilaian peneliti bahwa populasi tersebut yang paling baik untuk di jadikan sempel penelitian. Dengan demikian jumlah sample yang digunakan berjumlah 4 orang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian adalah bahwa lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesisir Barat menggunakan strategi Sosialisasi ,Menyebarkan brosur dan pemasangan spanduk , Menggunkan media social. Dengan menggunakan 3 strategi ini lembaga Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pesisir Barat masih dikatakan belum maksimal karena pemanfaatan media social yang kurang dan sosialisasi kepada masyarakat hanya sebagian dilakukan karena sasaran BAZNAS yang di utamakn yaitu para pegawai, pengusaha dan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 06:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 06:33 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14469 |
Actions (login required)
View Item |