PENGEMBANGAN APLIKASI PSPM BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ANDROID STUDIO DAN VISUAL CODE STUDIO DALAM MENUNJANG SISTEM INFORMASI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA

Muhammad, Faiz Najib Abdillah (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI PSPM BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ANDROID STUDIO DAN VISUAL CODE STUDIO DALAM MENUNJANG SISTEM INFORMASI JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi dan wawancara mahasiswa Pendidikan Matematika informasi terkait akademik dan kemahasiswaan masih menggunakan madding, dan grup whatsapp yang dirasa kurang optimal. Terlihat dari kebanyakan mahasiswa jarang melihat madding, serta belum adanya admin tetap yang mengatur keluar masuknya informasi seputar jurusan yang tersistematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) bertujuan untuk mengembangkan aplikasi PSPM berbasis android yang mampu menunjang sistem informasi Jurusan Pendidikan Matematika. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh sugiyono meliputi 7 langkah yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Instrument penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas aplikasi PSPM yaitu lembar angket yang media, desain, dan 25 mahasiswa. Kelayakan dari aplikasi PSPM dinilai oleh tiga ahli media, dan tiga ahli desain, sedangkan kemenarikan dari aplikasi PSPM di dapatkan dari angket hasil uji coba ke 25 mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Jenis data yang diperoleh berupa data deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Hasil kelayakan apliksi PSPM secara keseluruhan di katakan sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan menurut ahli media sebesar 95%, dan persentase kelayakan menurut ahli media sebesar 89% dengan katergori sangat layak. Sedangkan hasil kemenarikan aplikasi PSPM secara keseluruhan di katakan sangat menarik digunakan dengan persentase dari respon mahasiswa terhadap aplikasi sebesar 86% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan penilaian tersebut maka aplikasi PSPM termasuk dalam kriteria sangat menarik dan layak di gunakan di Jurusan Pendidikan Matematika. Kata Kunci : Aplikasi PSPM, Android Studio, Visual Code Studio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2021 05:33
Last Modified: 09 Jun 2021 05:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14467

Actions (login required)

View Item View Item