HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL JAUHAROTUN NAQIYAH BANDAR LAMPUNG

SEPINA, DIANA (2021) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL JAUHAROTUN NAQIYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPINA DIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL JAUHAROTUN NAQIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 Oleh: SEPINA DIANA 1611100292 Pelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Al Jauharotun Naqiyah Bandar Lampung Tahun 2020. Lingkungan belajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Identifikasi masalah yang ditemukan yaitu kurangnya perlengkapan belajar peserta didik, pengawasan orang tua terhadap proses belajar anak, status ekonomi orang tua, suasana belajar didik belum maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Jauharotin Naqiyah Bandar Lampung, yang dijadikan sempel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 25 peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif kolerasi. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumen, wawancara, dan angket. Observasi untuk memperkuat angket, dokumentasi untuk memperoleh data-data, wawancara untuk mendapatkan informasi data, dan angket untuk mengumpulkan data variabel yang efisien. Uji validitas menggunakan kolerasi, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Metode yang digunakan adalah kolerasi Produck Moment dengan menggunakan aplikasi SPSS.23 hasil analisis data penelitian diperoleh koefisien kolerasi nilai pearson correlation sebesar 0,756 pada taraf signifikan 5%. Sehingga Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Tingkat kolerasi atau hubungan lingkungan belajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Al Jauharotun Naqiyah Bandar Lampung termasuk dalam katagori kuat yaitu dengan melihat rhitung lebih besar dari rtabel. Kata kunci: Lingkungan Belajar dengan Motivasi belajar iiiLEARNING ENVIRONMENT RELATIONSHIP WITH THE MOTIVATION FOR LEARNING STUDENT IV MI AL JAUHAROTUN NAQIYAH VILLAGE VILLAGE 2020 BY: SEPINA DIANA 1611100292 This is the goal of finding out the relationship between the learning environment and the motivation for learning the q4 class harotun naqiyah village village 2020. The learning environment is a very important factor in growing learners' learning motivation. The problem identified is the lack of the learner's learning equipment, the parental supervision of the child's learning process, the parent's economic status, the learning atmosphere is inadequate. The study is conducted in mi al jauharotin naqiyah of lampung city, which was modeled on fourth grade student index by 25. It's a kind of quantitative work of coleration. Data retrieval techniques using observation, documents, interviews, and angkettes. Observations to strengthen angkets, documentation to get data, interviews to get data information, and angkettes to collect efficient variable data. The validity test USES coleration, and religious testing USES the alpha cronbach formula. The method used is the product product product using a SPSS union.23 results of research data analysis obtained by a Pearson correlation value coefficients of 0.756 at significant 5%. So ho was rejected and hypothesis ha was accepted. Keywords: A learning environment with a learning motivation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jun 2021 05:17
Last Modified: 09 Jun 2021 05:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item